Awas, Ada yang Pura-Pura Tanya Alamat, Ternyata Menjambret

Screenshot rekaman CCTV penjambretan yang terjadi di Dusun Sendowo, Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati. - Harian Jogja/Yogi Anugrah
08 Agustus 2019 16:37 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebuah video rekaman kamera pengintai (CCTV) yang memperlihatkan seorang wanita yang menjadi korban jambret seorang pria bermodus tanya alamat viral di media sosial. Penjambretan itu terjadi pada Selasa (6/8/2019), sekitar pukul 07.30 WIB.

Di rekaman itu, wanita yang diketahui bernama Siti Sundari, warga Dusun Sendowo, Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati, tengah duduk di teras rumahnya. Tak lama, dari arah timur datang seorang pria tidak dikenal dengan mengendarai sepeda motor dan mengenakan helm serta penutup muka.

“Tanpa mematikan mesin motor, pria itu menanyakan sebuah alamat kepada korban dari balik pagar rumah. Tanpa curiga, korban pun mendekat ke arah pelaku dari dalam pagar halaman rumahnya,” kata Kepala Kepolisian Sektor Mlati Komisaris Polisi Hariyanta kepada wartawan, Kamis (8/8/2019).

Setelah korban mendekat, pelaku yang tadinya menanyakan alamat langsung menyerobot kalung di leher korban dan melarikan diri kembali ke arah timur.

Petugas yang menerima laporan, langsung datang ke lokasi untuk mengonfirmasi kepada korban. Saat dicek di rekaman CCTV, nomor polisi sepeda motor yang digunakan pelaku tidak terlihat. “Dari hasil asesmen, korban mengalami kerugian senilai Rp12 juta,” ucap dia.

Kapolsek mengaku tetap memburu pelaku. “Kami akan memeriksa saksi-saksi. Akan kami kembangkan ke tetangga-tetangga korban yang mengetahui sepeda motor yang digunakan pelaku, karena korban ternyata tidak tahu sepeda motor apa yang dipakai pelaku,” ucap Kapolsek.