Advertisement

Agustus, Alokasi Gas Elpiji 3 Kg di Kulonprogo Ditambah

Fahmi Ahmad Burhan
Jum'at, 09 Agustus 2019 - 17:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Agustus, Alokasi Gas Elpiji 3 Kg di Kulonprogo Ditambah Ilustrasi elpiji 3 Kg. - SOLOPOS/ Sunaryo Haryo Bayu

Advertisement

Harianjogja.com, WATES - Alokasi tabung gas elpiji 3 kilogram (kg) di Kulonprogo pada Agustus ini ditambah 4,44%. Penambahan dilakukan karena kebutuhan akan gas elpiji 3 kg semakin meningkat menjelang Iduladha.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perdagangan Kulonprogo, Agus Suryanto mengatakan di Agustus, alokasi reguler gas elpiji 3 kg ditambah sebesar 4,44% dari biasanya atau penambahan sebanyak 14.600 tabung. "Kalau alokasi untuk Kulonprogo per bulan biasanya di angka 329.160 tabung," ujar Agus pada Jumat (9/8/2019).

Advertisement

Ia mengatakan, penambahan alokasi tersebut dilakukan mengingat kebutuhan pada gas elpiji saat iduladha yang meningkat. Pada hajatan tersebut, warga banyak yang menggunakan gas elpiji untuk keperluannya masing-masing.

Tidak hanya pada gas elpiji, Agus mengatakan, hasil dari pemantauan pada kebutuhan pokok menjelang iduladha, permintaan pada beberapa kebutuhan pun meningkat. "Paling mencolok yaitu cabai. Kita pantau tiap Senin dan Kamis, harga cabai meningkat terus," ujarnya.

Peningkatan harga cabai terjadi karena tingginya permintaan menjelang iduladha.

Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) DIY, Siswanto mengatakan, penambahan alokasi gas elpiji 3 kg dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Tidak hanya untuk Iduladha saja, tapi juga ada hajatan bersih desa di momen hari kemerdekaan.

Ia mengatakan, penambahan dilakukan khusus pada gas elpiji bersubsidi atau gas elpiji 3 kg saja. "Kalau yang tidak bersubsidi tidak ada masalah, berapa pun permintaan disediakan, karena tidak bersubsidi," katanya pada Jumat.

Ia mengimbau agar masyarakat yang masuk kategori mampu atau untuk keperluan perusahaan seperti rumah makan tidak menggunakan gas elpiji bersubsidi, karena gas elpiji 3 kg hanya diperuntukan bagi yang benar-benar kurang mampu. Menurutnya, ada alternatif lain apabila masyarakat kekurangan gas elpiji 3 kg yaitu dengan bright gas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Google Kembali Pecat Karyawan yang Protes Proyek Kerja Sama dengan Israel

News
| Jum'at, 19 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement