Advertisement

Sultan Sepakat, Akan Ada Tol Layang di Atas Ring Road Penghubung Solo & Borobudur

Abdul Hamied Razak
Senin, 12 Agustus 2019 - 21:57 WIB
Budi Cahyana
Sultan Sepakat, Akan Ada Tol Layang di Atas Ring Road Penghubung Solo & Borobudur Ilustrasi jalan tol - JIBI/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY dan Pemerintah Pusat menyepakati konstruksi jalan yang menghubungkan Tol Jogja-Solo dan Jogja-Bawen. Kedua tol itu akan menyambung melalui jalan yang melayang di atas Ring Road Utara.

“Tol Jogja Solo sampai Borobudur [melalui Tol Jogja-Bawen]. Dulu hanya Jogja-Solo. Itu sudah disepakati,” kata Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Kepatihan, Jogja, Senin (12/8/2019).

Advertisement

Dari Solo, jalur tol masuk ke kawasan Manisrenggo, Klaten, Jawa Tengah, menuju ke Ring Road di sekitar Lottemart, Maguwoharjo. Dari sana, jalur tol bersambung secara elevated (melayang) di atas Ring Road hingga area Westlake di Ringroad Barat yang menjadi pintu masuk Tol Jogja-Bawen.

“Nanti sebelum Kavaleri [markas TNI], Demak Ijo, [ruas tol] memotong sampai di atas Selokan Mataram, baru kemudian masuk ke Muntilan,” ujar Sultan.

Sepanjang Selokan Mataram ini jalur tol dibuat melayang hingga Muntilan, Jawa Tengah. Setelah di Muntilan, kata Sultan, tol akan melewati jalan darat. Di wilayah ini, pembebasan tanah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah hingga kawasan Borobudur.

Sementara, jalur Tol Jogja-Cilacap sampai sekarang belum selesai dibahas karena harus dirembuk dengan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo.

Sultan kembali menegaskan tidak ada jalan tol yang langsung menuju ke Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA). Meskipun demikian, Sultan masih mengizinkan adanya akses dari bandara baru yang terhubung ke jalan tol.

“Tetapi bukan tol yang masuk ke bandara,” kata Sultan.

Sultan mengatakan akan ada jalan tembus yang mendukung jalan tol. Salah satunya jalan tembus dari Sentolo menuju Muntilan (Borobudur). Jalan tersebut termasuk jalur Jogja Outer Ring Road (JORR) yang bisa sampai Muntilan atau Tol Jogja-Bawen. Jalan dari Temon yang melewati Suroloyo diharapkan bisa menjadi satu dengan jalur jalan Sentolo Muntilan.

“Saya juga berharap, nanti dari Temon menuju Suroloyo jadi satu dengan jalur Sentolo ke utara untuk tembus ke Muntilan. Jadi ke Bandara Kulonprogo bisa lewat jalur Temon atau Sentolo [selain lewat tol],” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement