Advertisement

Pembebasan Lahan Senilai Rp153 Miliar di Pajangan Belum Dibayar UIN Jogja

Ujang Hasanudin
Senin, 12 Agustus 2019 - 19:07 WIB
Bhekti Suryani
Pembebasan Lahan Senilai Rp153 Miliar di Pajangan Belum Dibayar UIN Jogja Logo UIN Sunan Kalijaga Jogja. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Warga Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Bantul berharap pembangunan kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga segera direalisasikan, karena keberadaan kampus disebut-sebut bakal berdampak pada pertumbuhan ekonomi, terutama di sekitar Guwosari.

“Masyarakat sejak awal mendukung adanya kampus dan berharap segera terwujud karena dampak ekonominya cukup besar,” kata Kepala Desa Guwosari, Masduki, saat dihubungi Senin (12/8/2019).

Advertisement

Masduki mengatakan saat ini rencana pembangunan kampus UIN Sunan Kalijaga masih dalam proses pembebasan lahan. Dalam proses pembebasan lahan, kata dia, ada warga yang meminta ganti rugi lahan dan ada juga yang meminta gantu rugi tanah di lokasi lain. Namun sebagian besar diakuinya warga yang terdampak meminta ganti rugi uang.

Menurut dia, saat ini dari total sekitar 70 hektare lahan yang akan dibebaskan oleh UIN Sunan Kalijaga atau Kementerian Agama, baru sekitar 30 hektare lebih yang sudah dibebaskan. Objek lahan yang belum dibebaskan 30-an hektare lebih atau total 105 bidang tanah dengan nilai ganti rugi sekitar Rp153 miliar.

Sejauh ini diakuinya tidak ada masalah dalam proses pembebasan lahan bahkan warga mendukungnya, namun ia menduga karena ada keterbatasan dana dari UIN Sunan Kalijaga sehingga proses pembebasan lahan belum selesai. Sejauh yang dia ketahui anggaran pembebsan lahan tidak turun sekaligus melainkan bertahap dan tahun ini informasinya anggaran pembebeasan lahan hanya turun sekitar Rp7,5 miliar sehingga masih jauh dari total nilai ganti rugi.

Anggaran pembebebasan lahan yang turun tahun ini hanya cukup untuk beberapa bidang tanah, “Tergantung sih, karena masing-masing bidang itu nilainya macam-macam, ada yang Rp200 juta, ada juga yang satu bidang nilai ganti ruginya sampai Rp1 miliar,” kata Masduki.

Percepatan pembangunan kampus UIN Sunan Kalijaga juga diharapkan dari Pemkab Bantul. Bahkan Pemkab akan membangun beberapa sarana infrastruktur di sekitar UIN Sunan Kalijaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement