Setelah Dilantik, 2 Legislator Bantul Ini Pilih Pulang Naik Becak dan Onthel

Enggar Suryo Jatmiko saat naik sepeda setelah dilantik menjadi anggota DPRD Bantul, Selasa (13/8/2019). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
13 Agustus 2019 17:17 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Ada-ada saja polah anggota DPRD Bantul untuk tampil beda saat momentum pelantikan anggota DPRD Bantul periode 2019-2024, Selasa (12/8/2019). Contohnya adalah yang dilakukan dua legislator petahana dari dua partai politik yang berbeda ini, yakni Enggar Suryo Jatmiko (Gerindra) dan Eko Sutrisno Aji (Partai Persatuan Pembangunan).

Pulang dari lokasi pelantikan di Ruang Paripurna DPRD Bantul, Enggar Suryo Jatmiko yang akrab disapa Miko itu memilih mengendarai sepeda kayuh lawas bersama para kerabat menuju ke rumahnya di Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Bantul.

Tak langsung pulang, Miko dan kerabatnya terlebih dulu berputar-putar di sekitar Jalan Jenderal Sudirman. “Ini bagian dari kampanye dan menyehatkan juga dengan bersepeda,” ujar Miko.

Miko merupakan anggota DPRD Bantul yang sudah menjabat selama dua periode. Ia kembali terpilih di periode ini dari Daerah Pemilihan 1. Selain itu, pada periode lalu, dia juga terpilih sebagai ketua Fraksi Gerindra di DPRD Bantul serta Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Bantul.

Dia berharap dengan bersepeda bisa mengurangi polusi, minimal polusi dari kendaraan bermotor. "Lagipula, dengan bersepeda begini, ini simbol bahwa saya bertekad untuk selalu dekat dengan masyarakat,” ucap Miko.

Eko Sutrisno, politikus PPP saat naik becak untuk pulang ke rumahnya di Dusun Jodog, Gilangharjo, Pandak Bantul, seusai dilantik menjadi anggota DPRD Bantul

Selain Miko, ada juga anggota DPRD Bantul yang pulang tidak mengendarai mobilnya, namun dengan naik becak. Ia adalah Eko Sutrisno, politikus PPP.

Seusai keluar dari Ruang Paripurna, Eko Sutrisno dan istrinya Rita Sila langsung disambut dua pengendara becak di depan ruang lobi. Mereka pulang naik becak ke rumahnya di Dusun Jodog, Desa Gilangharjo, Pandak, Bantul.

Selain dua tukang becak, Eko juga dijemput oleh warga yang berjumlah sekitar 50 orang sambil membawa bendera PPP.

Eko mengaku tidak memerintahkan pendukungnya untuk datang, namun keinginan mereka sendiri untuk hadir dan menjemput, termasuk dua tukang becak yang menawarkan tumpangan dari kantor DPRD hingga Jodog, Gilangharjo.

“Itu yang tukang becak memang kesehariannya tukang becak dan pendukung panatik kalau saya terpilih akan menjemput saya naik becak,” ujar Eko. Sampai rumah, Eko juga disambut salah satu pendukung fanatik dengan dicukur gundul.

Seperti diketahui, Selasa pagi menjadi momen spesial bagi 45 orang legislator Bantul yang dilantik untuk masa jabatan lima tahun ke depan.

Pengambilan sumpah saat pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul Alimin Ribut Sujono. Setelah pelantikan dan menerima ucapan selamat, para anggota Dewan langsung pulang. Mereka tinggal menunggu rapat paripurna berikutnya untuk penentuan ketua DPRD definitif.