Prodi KPI UMY Berdakwah di Pelosok Gunungkidul

Kegiatan dakwah oleh Prodi KPI, UMY di Girisubo, Gunungkidul terkait perayaan Iduladha - Ist
15 Agustus 2019 18:07 WIB MediaDigital Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Menyambut Hari Raya Iduladha 1440 H, Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan dakwah kemasyarakatan dalam bentuk sosialisasi pelatihan Kurban. Kegiatan ini bertema “Kurban Berkah dan Sehat” dan diaksanakan di Girisubo, Gunungkidul, pada Minggu (4/8/2019) sejak pagi hingga menjelang asar.

Pelatihan dilaksanakan dalam tiga sesi dengan bentuk kegiatan dua sesi ceramah dan satu sesi terakhir berupa mini workshop dengan ceramah disertai praktik.

Sesi pertama berupa penyampaian materi sejarah dan filosofi kurban oleh Ustaz Fathurrahman Kamal. Fathurrahman saat ini menjadi Ketua Majelis Tabligh PP Muhamadiyah. Dalam ceramahnya Ustaz Fathurrahman menyampaikan pentingnya pemahaman tentang filosofi berkurban serta menyampaikan hikmah dari sejarah Kurban yang dapat diaplikasikan pada zaman sekarang.

Materi kedua yaitu Fiqih Qurban disampaikan oleh Ustaz Fahmi Irfanuddin yang merupakan dosen Prodi KPI. Fahmi menjelaskan hukum-hukum yang berkaitan dengan kurban. Adapun sesi terkahir diisi oleh Ustaz Anant Wibowo, Praktisi Qurban Syar’i sekaligus Pengasuh Ponpes Usia Senja Gua Hiro.

Pembicara kali ini menyampaikan tata cara penyembelihan kurban yang tepat sesuai syariat dan juga keilmuan.

Pelatihan ini dihadiri puluhan peserta terdiri dari Pimpinan Ranting Muhammadiyah, takmir masjid dan juga remaja masjid. Peserta datang tidak hanya dari desa-desa di Kecamatan Girisubo, tetapi juga dari beberapa desa di kecamatan sekitarnya seperti Rongkop, dan Tepus.

Kegiatan ini terselenggara dengan dukungan dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Girisubo, Rongkop, dan Tepus. Kegiatan ini juga didukung oleh unsur pemerintahan di kecamatan dengan kehadiran perwakilan di acara tersebut.

Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Girisubo, Wismanto, memberikan apresiasi kepada Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam atas program yang diselenggarakan. "Harapannya pelatihan ini dapat memberikan pemahaman lebih jauh dalam berqurban kepada masyarakat Girisubo dan sekitarnya," kata Wismanto, melalui rilis, Kamis (15/8/2019).