Digelar Seperti Hiburan, Upacara HUT Kemerdekaan RI di Jogja Bay Tetap Khidmat

CEO Jogja Bay Waterpark Bambang Soeroso saat berfoto bersama dengan peserta upacara HUT RI ke-74 di South Beach Jogja Bay Waterpark, Sabtu (17/8/2019). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
17 Agustus 2019 12:57 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-- Jogja Bay Waterpark menggelar upacara guna memperingati 74 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Upacara Bendera “Di Atas Awan” menjadi konsep yang dipilih untuk upacara 17 Agustus 2019 setelah Atraksi Bregada Pirates yang sukses digelar tahun 2018.

Public Relation Jogja Bay Waterpark Medha Zeli Elsita mengatakan upacara ‘Di Atas Awan’ menjadi konsep unik yang memadukan Wahana Flying Jose Jogja Bay Waterpark dan Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di area wahana kolam ombak.

"Wahana ini menjadi salah satu wahana favorit pengunjung yang menyajikan ombak setiap satu jam sekali dengan sensasi seperti di pantai yang sesungguhnya,” ujar Medha Zeli Elsita, Jumat (17/8/2019).

Bendera Jogja Bay diluncurkan setinggi 10 meter dengan rentang tali 100 meter dari lantai II Menara Brando Boomeranggo oleh seorang pirates diterima oleh salah satu pasukan pengibar bendera. Dari titik finish peluncuran, bendera akan diarak oleh bergada menuju area pengibaran bendera di area taman selatan South Beach.

Tidak hanya itu, peserta yang terdiri dari pengunjung, masyarakat sekitar, manajemen, karyawan, dan staff Jogja Bay Waterpark juga mengenakan seragam ala pejuang tahun 1940-an. Jenis seragam seperti baju tempur, laskar wanita, kebaya ‘jadul’, seragam cokelat corak macan bergaris, dan ikat kepala warna merah-putih serta topi akan dikenakan.

“Keunikan konsep upacara ini akan menambah rasa khidmat Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di South Beach Jogja Bay Waterpark. Dengan semangat juang 45 diharapkan setiap peserta upacara dapat merasakan kembali gelora pejuang dalam merebut kemerdekaan di masa lalu untuk dapat bersama-sama menjaga Republik Indonesia dalam semangat persatuan di masa kini dan yang akan datang,” terang Medha.

Adapun, upacara HUT RI ini dilaksanakan untuk ketiga kalinya di tahun keempat Jogja Bay Waterpark.

Camat Depok Abu Bakar mengatakan jika upacara HUT RI ke-74 yang digelar di Jogja Bay dikemas dengan adanya unsur entertainment, tapi tidak mengurangi rasa khidmat suatu upacara kenegaraan.

Abu Bakar mengatakan, atraksi semacam itu positif apalagi dari sisi pariwisata. "Saya juga mengharapkan agar atraksi semacam itu bisa menambah kunjungan wisatawan di wilayah Sleman," ungkapnya.

CEO Jogja Bay Waterpark Bambang Soeroso, mengatakan jika upacara HUT RI merupakan sebuah tradisi untuk mengenang jasa-jasa perjuangan pahlawan yang telah menumpahkan darah mereka untuk kemerdekaan Indonesia.

"Upacara ini untuk menghadirkan kesadaran serta instrospeksi diri untuk segera membangun kemerdekaan ini dengan pembangunan, mudah mudahan tradisi ini bisa dijaga terus" kata Bambang pasca upacara HUT RI di Jogja Bay South Beach.