Unik, Dengan Cara Ini Jogja Bay Upacara 17 Agustus

Camat Depok Abu Bakar (kedua dari kiri) dan CEO Jogja Bay Waterpark Bambang Soeroso (kiri) saat berfoto bersama usai upacara HUT RI ke-74 di South Beach Jogja Bay Waterpark, Sabtu (17/8/2019). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
18 Agustus 2019 17:27 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Jogja Bay Waterpark menggelar upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI dengan cara yang unik.

Bertelmpat dia area Jogja Bay South Beach, seluruh peserta upacara yang terdiri dari pengunjung, masyarakat sekitar, manajemen, karyawan, dan staf Jogja Bay Waterpark juga mengenakan seragam ala pejuang 1940-an. Jenis seragam seperti baju perang, laskar wanita, kebaya jadul, seragam cokelat bercorak loreng, dan ikat kepala warna merah-putih serta topi akan dikenakan.

“Keunikan konsep upacara ini akan menambah rasa khidmat Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di South Beach Jogja Bay Waterpark. Dengan semangat juang 45 diharapkan setiap peserta upacara dapat merasakan kembali gelora pejuang dalam merebut kemerdekaan di masa lalu untuk dapat bersama-sama menjaga NKRI dalam semangat persatuan di masa kini dan yang akan datang,” kata staf Public Relations Jogja Bay Waterpark Medha Zeli Elsita, Sabtu (17/8/2019).

Upacara bendera bertajuk Upacara di Atas Awan itu diawali dengan peluncuran bendera Jogja Bay Waterpark dari dari lantai II Menara Brando Boomeranggo oleh seorang pirates diterima oleh salah satu pasukan pengibar bendera. Menara itu, kata Medha, memiliki ketinggian hingga mencapai 10 meter.

Upacara tersebut, imbuh Medha, merupakan yang kali ketiga digelar Jogja Bay Waterpark dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI. “Jika tahun lalu, kami menampilkan atraksi Bregada Pirates, kali ini kami pilih Upacara di Atas Awan,” ucap Medha.

Seperti diketahui, Jogja Bay Waterpark menawarkan promo dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini. Promo yang mereka tawarkan adalah tarif berenang yang hanya sebesar Rp17.000 per orang.

Caranya cukup mudah, cukup kenakan atribut berwarna merah putih. Atribut bisa pakaian, bisa topi, dan dan atribut lainnya. Lalu tunjukkan ke loket Jogja Bay Waterpark pada pukul 08.00-17.00 WIB,” ucap Medha.

Tak hanya itu, pengunjung juga dapat mengikuti berbagai perlombaan yang diselenggarakan dalam Festival Merah Putih di Jogja Bay Waterpark. "Perlombaan seperti tepuk bantal, makan kerupuk, dan balap karung diselenggarakan di Jogja Bay Waterpark selama tiga hari berturut-turut secara gratis untuk pengunjung,” ucap dia.

Introspeksi

CEO Jogja Bay Waterpark Bambang Soeroso, mengatakan upacara HUT Kemerdekaan RI merupakan sebuah tradisi untuk mengenang jasa-jasa perjuangan pahlawan yang telah menumpahkan darah mereka untuk kemerdekaan Indonesia. "Upacara ini untuk menghadirkan kesadaran serta instrospeksi diri untuk segera membangun kemerdekaan ini dengan pembangunan, mudah mudahan tradisi ini bisa dijaga terus" kata Bambang

Camat Depok Abu Bakar mengatakan meski dikemas secara menghibur, namun upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI yang digelar di Jogja Bay Waterpark diakui dia tidak mengurangi rasa khidmat upacara.

Bahkan dia menilai atraksi tersebut positif apalagi dari sisi pariwisata. "Saya juga berharap agar atraksi semacam itu bisa menambah kunjungan wisatawan di wilayah Sleman," kata dia.