Diduga Akibat Gangguan Kelistrikan, Sepeda Motor Sport Terbakar Saat Dikendarai

Ilustrasi. - Reuters
22 Agustus 2019 00:47 WIB Fahmi Ahmad Burhan Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Sebuah sepeda motor sport milik Sigit Raharjo, 34 tahun warga Kelurahan Purbayan, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta hangus terbakar. Diduga motor terbakar karena gangguan kelistrikan.

Sigit mengatakan, pada siang hari, Rabu (21/8/2019) ia melaju menggunakan sepeda motornya dan melintas di Jalan Mandung, Kecamatan Pengasih. "Tiba-tiba motonya mengeluarkan asap di bagian aki," ujarnya pada Rabu (21/8/2019).

Seketika ia menghentikan motor dan memeriksanya. Motor yang ia kendarai berjenis motor sport, Minerva 150 R dengan nopol AB 2591 HF.

"Pengendara sepeda motor melaju dari arah selatan. Tiba-tiba keluar asap. Ketika membuka tangki bensin, api justru semakin membesar," ungkap relawan PMI Kulonprogo, yang saat itu bertugas memadamkan api, Wisnu Rangga pada Rabu (21/8/2019).

Wisnu mengatakan, setelah api tiba-tiba membesar, pengendara motor berhasil menyelamatkan diri. Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan PMI Kulonprogo langsung terjun memadamkan api. Motor milik Sigit pun hangus.

Ia memperkirakan, api muncul dari korsleting kelistrikan di sepeda motor milik Sigit itu. "Kabel yang digunakan untuk jalur kelistrikan sepeda motor tidak sesuai standar. Penyebab utamanya kemungkinan itu. Tapi tidak ada korban jiwa," kata Wisnu.