Persaingan di Pimpinan DPRD Kota Jogja Masih Sepi

ILustrasi kursi jabatan - JIBI
27 Agustus 2019 17:47 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Hingga dua pekan pasca pelantikan anggota DPRD Kota Jogja, baru Partai Amanat Nasional (PAN) yang sudah mengusulkan nama untuk mengisi kandidat pimpinan Dewan. Adapun dua partai lainnya, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Partai Gerindra hingga kini belum menyetor nama lantaran masih menunggu rekomendasi dari DPP partai mereka masing-masing.

Sekretaris DPRD Kota Jogja Prima Hastawan, mengatakan dari hasil Pemilu 2019 di Kota Jogja, ada tiga partai pemeroleh suara terbanyak, yakni PDIP, PAN, dan Gerindra. Sejauh ini, kata dia, baru PAN yang sudah menyetorkan nama kandidat untuk mengisi jajaran pimpinan Dewan. “PAN mengajukan nama untuk posisi Wakil Ketua DPRD Kota Jogja, yakni HM Fursan,” kata dia, Selasa (27/8/2019).

Prima menjelaskan tidak ada batas waktu dalam menentukan pimpinan Dewan. “Setelah berkas rekomendasi sudah komplet baru akan digelar rapat paripurna. Selanjutnya disampaikan Gubernur,” kata dia.

Ketua DPD PAN Kota Jogja, Heroe Poerwadi, membenarkan partainya telah menunjuk HM Fursan sebagai Wakil Ketua DPRD. Penunjukan ini atas pertimbangan Fursan yang dianggap telah cukup pengalaman dalam politik. “Kami berharap beliau [HM Fursan] bisa mengemban amanah seperti yang diharapkan partai,” kata dia.

Sebelumnya, DPD PAN Kota Jogja telah mengajukan tiga nama kepada DPP PAN untuk mengisi posisi di pimpinan Dewan. Selain HM Fursan, dua nama lainnya adalah Rifki Listiyanto dan Muh Ali Fahmi. “Dengan pertimbangan ketiganya merupakan senior, kami ajukan itu dan dari DPP yang disetujui Fursan,” kata dia.

Adapun untuk fraksi di Dewan, PAN telah memilih tiga nama sebagai pimpinan fraksi, yakni Indarwanto Eko Cahyono sebagai Ketua, Rifki Listianto sebagai Wakil Ketua dan Muh Ali Fahmi sebagai Sekretaris. “Untuk alkap [alat kelengkapan], kami tunggu proses lobi antarfraksi di internal anggota Dewan. Ada kesepakatan di Dewan untuk kami buat secara kebersamaan. Sekarang masih didiskusikan bagaimana cara penentuan dan penetapannya,” ujar Ketua DPW PAN, Rifki Listianto.

Ketua DPC Gerindra Kota Jogja, Anton Prabu mengaku belum telah menunjuk dua kandidat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Jogja, yakni Dian Novitasari dan Riri Banowati. Selain lantaran tercatat sebagai pengurus struktural partai, pengalaman keduanya sebagai petahana juga dinilai sebagi pertimbangan penunjukan.

“Kedua kandidat itu baru usulan, untuk selanjutnya melewati proses fit and propper test. DPP yang memutuskan. Di posisi alkap, kami tak ada target berapa yang hendak kami capai. Proporsional saja. Tergantung musyawarah dengan fraksi-fraksi lain,” kata dia.