Advertisement

PILKADES SERENTAK 2019: Desa Mulai Bentuk Panitia Pemilihan

David Kurniawan
Selasa, 27 Agustus 2019 - 15:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
PILKADES SERENTAK 2019: Desa Mulai Bentuk Panitia Pemilihan Ilustrasi. - Solopos/Agoes Rudianto

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Tahapan Pilkades Serentak 2019 di Gunungkidul sudah dimulai. Di tahap awal pemerintah desa mulai membentuk kepanitiaan yang menangani pelaksanaan pemilihan dari awal hingga penetapan calon terpilih.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul, M. Farkhan, mengatakan jajarannya menyosialisasikan pelaksanaan Pilkades Serentak 2019. Untuk saat ini tahapan sudah dimulai ditandai dengan pembentukan panitia pemilihan di tingkat desa. “Panitia di tingkat desa masih dalam proses pembentukan. Mudah-mudahan 56 desa yang ikut pilkades segera membentuk unsur kepanitiaan,” kata Farkhan kepada wartawan, Selasa (27/8/2019).

Advertisement

Dia menjelaskan di dalam pilkades serentak ada berapa tahapan yang harus dilalui. Setelah panitia dibentuk dilanjutkan dengan pembekalan panitia. Setelah itu panitia menyusun tata tertib pemilihan yang mengacu pada peraturan yang dibuat oleh Pemkab. “Ini masih di tahap awal. Nanti ada proses pendaftaran bakal calon, penetapan calon, penyusunan daftar pemilih hingga pelaksanaan pemilihan dan penetapan kades terpilih,” katanya.

Farkhan mengatakan gelaran pilkades dilakukan pada 27 November 2019. Guna menyukseskan pemilihan Pemkab sudah mengalokasikan anggaran Rp3,1 miliar. “Anggaran ini dalam bentuk hibah yang diberikan ke masing-masing desa yang menyelenggarakan pemilihan,” ujar dia.

Kepala DP3AKBPMD Gunungkidul, Sujoko, berharap pilkades bisa berjalan dengan lancar sama seperti penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya. “Kami sudah mengelar pilkada serentak di 2015 dan 2018. Untuk tahun ini merupakan gelombang ketiga,” katanya.

Sujoko menambahkan, untuk menyukseskan dalam pemilihan Pemkab juga sudah mendapatkan hibah ribuan kotak suara dari KPU Gunungkidul. Rencanannya kotak alumunium ini digunakan pada saat pemilihan berlangsung.

Kepala Seksi Pemerintahan Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Suyanto, mengatakan geliat pilkades di desanya sudah mulai terlihat. Untuk saat ini anggota BPD tengah menyusun panitia pemilihan. “Masih dalam proses dan mudah-mudahan bisa segera dibentuk sehingga tahapan pilkdes bisa segera dijalankan,” kata Suyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement