Advertisement

Uji coba Becak Listrik Gagal Dilakukan di Selasa Wage

Abdul Hamied Razak
Rabu, 28 Agustus 2019 - 09:07 WIB
Sunartono
Uji coba Becak Listrik Gagal Dilakukan di Selasa Wage Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Ignasius Jonan bersama Rektor Universitas Gadjah Mada, Panut Mulyono mencoba becak listrik karya dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik di Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Jumat (18/1 - 2019).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Rencana uji coba becak listrik pada Selasa Wage, (27/8/2019) batal dilakukan. Hal ini dikarenakan surat izin dari Kemenhub belum juga turun.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Sigit Sapto Raharjo mengatakan rencana uji coba angkutan becak bertenaga khusus tersebut belum bisa dilakukan karena terbentur masalah regulasi. "Hari ini (kemarin) belum bisa dilakukan. Belum ada surat balasan dari Kementrian tentang [izin] becak listrik," katanya saat dikonfirmasi Harianjogja.com.

Advertisement

Dijelaskan Sigit, sejatinya Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X sudah mengirimkan surat permohonan izin kepada Kemenhub beberapa waktu lalu. Hanya saja, sampai saat ini pun belum ada kejelasan dari pusat. "Pak Gubernur mengirim surat ke Kementrian untuk ijin bahwa angkutan tradisional terutama becak dibolehkan dengan tambahan tenaga Alternatif, tapi belum ada balasan," katanya.

Sekadar diketahui, rencana peluncuran becak listrik ini pada Selasa Wage sudah dua kali gagal. Pada Selasa Wage 23 Juli lalu, Dishub DIY saat itu juga urung merilis kendaraan tradisional tersebut. Hal yang sama juga terjadi pada Selasa Wage 27 Agustus.

Padahal, menurut Sigit, becak bertenaga khusus ini merupakan pengembangan kendaraan tradisional becak kayuh yang diharapkan dapat menggantikan becak montor (bentor) di kawasan Malioboro. Saat ini, unit becak listrik yang tersedia kata Sigit sebanyak delapan unit. Empat unit dari Dishub DIY, dan sisanya disediakan oleh BPD DIY dan Grab masing-masing dua unit.

Penggunaan becak listrik ini nantinya diharapkan dapat dipesan secara online. "Yang dikenalkan empat unit dulu. Gubernur sudah mengirim surat terkait izin becak listrik ke kementerian perhubungan. Becak listrik ini menjadi langkah awal upaya kami untuk mengganti becak motor [bentor]," katanya.

Inivator Becak Listrik Belia Rudi Winarso mengatakan belum mengetahui kapan becak listrik tersebut akan dilaunching. Menurut Rudi rekomendasi sudah diserahkan kepada Dishub dalam bentuk prototype empat unit becak listrik berikut naskah akademiknya. "Hanya itu yang kami lakukan. Sebenarnya untuk infrastruktur sudah siap, seperti alat pengecesan sudah ada dan PLN siap support infrastrukturnya itu," kata Rudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement