2 Hari Digelar, Ribuan Job Seeker Minati Job Fair di USD

Para peserta sedang mencari informasi di salah satu stan Job Fair yang digelar oleh Disnaker Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Universitas Sanata Dharma (USD) di Aula Kampus 1 Mrican USD, Minggu (8/9/2019). - Harian Jogja/Yogi Anugrah
08 September 2019 15:37 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Bursa kerja yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Universitas Sanata Dharma (USD) di Aula Kampus 1 Mrican USD, sejak Sabtu (7/8/2019) hingga Minggu (8/8/2019) diserbu oleh  ribuan para pencari kerja.

Berdasarkan pantauan Harian Jogja, Minggu, para pencari kerja sudah mulai berdatangan sejak pukul 08.30 WIB. Hingga siang hari, terlihat Aula Kampus 1 USD semakin dipadati para pencari kerja.

Salah seorang pencari kerja, Astini, 23, mengaku mengetahui adanya info Job Fair tersebut dari media sosial. Lantaran gratis dan pendaftaran cukup lewat online, dia pun tertarik untuk datang. “Lihat-lihat informasi, karena baru lulus, siapa tahu ada lowongan yang cocok,” kata lulusan salah satu kampus di DIY ini, Minggu.

Kepala Bidang (Kabid) Penempatan dan Perluasan Disnaker Sleman, Siti Istiqomah mengatakan Job Fair tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Disnaker Sleman. Tahun ini, kata dia, antusiasme dari para pencari kerja untuk mengikuti job fair yang digelar pihaknya tersebut cukup tinggi.

Dia mengatakan antusiasme tersebut bisa dilihat berdasarkan data yang ada. Pada Sabtu (7/8), ada sekitar 1.000 peserta yang mendaftar secara online untuk mengikuti kegiatan job fair tersebut. Dari jumlah tersebut, lebih dari 500 orang sudah datang mengunjungi tempat job fair.

Adapun dalam job fair tersebut, ada 2.215 lowongan pekerjaan yang ditawarkan dari 40 perusahaan yang berpartisipasi. “Peserta rata rata lulusan SMA atau SMK, serta fresh graduate. Perbandingannya hampir sama,” kata Siti, Minggu.

Dia berharap dengan adanya kegiatan tersebut, mampu menyerap tenaga kerja yang ada, sehingga bisa menekan angka pengangguran di Sleman. “Selain job fair, Disnaker Sleman juga rutin menggelar pelatihan bagi tenaga kerja baik soft skill maupun hard skill. Ini bertujuan agar para pencari kerja bisa memenuhi standart kompetensi yang ditetapkan para penyedia pekerjaan,” ucap dia.