Advertisement

2 Hari Digelar, Ribuan Job Seeker Minati Job Fair di USD

Yogi Anugrah
Minggu, 08 September 2019 - 15:37 WIB
Arief Junianto
2 Hari Digelar, Ribuan Job Seeker Minati Job Fair di USD Para peserta sedang mencari informasi di salah satu stan Job Fair yang digelar oleh Disnaker Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Universitas Sanata Dharma (USD) di Aula Kampus 1 Mrican USD, Minggu (8/9/2019). - Harian Jogja/Yogi Anugrah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Bursa kerja yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Universitas Sanata Dharma (USD) di Aula Kampus 1 Mrican USD, sejak Sabtu (7/8/2019) hingga Minggu (8/8/2019) diserbu oleh  ribuan para pencari kerja.

Berdasarkan pantauan Harian Jogja, Minggu, para pencari kerja sudah mulai berdatangan sejak pukul 08.30 WIB. Hingga siang hari, terlihat Aula Kampus 1 USD semakin dipadati para pencari kerja.

Advertisement

Salah seorang pencari kerja, Astini, 23, mengaku mengetahui adanya info Job Fair tersebut dari media sosial. Lantaran gratis dan pendaftaran cukup lewat online, dia pun tertarik untuk datang. “Lihat-lihat informasi, karena baru lulus, siapa tahu ada lowongan yang cocok,” kata lulusan salah satu kampus di DIY ini, Minggu.

Kepala Bidang (Kabid) Penempatan dan Perluasan Disnaker Sleman, Siti Istiqomah mengatakan Job Fair tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Disnaker Sleman. Tahun ini, kata dia, antusiasme dari para pencari kerja untuk mengikuti job fair yang digelar pihaknya tersebut cukup tinggi.

Dia mengatakan antusiasme tersebut bisa dilihat berdasarkan data yang ada. Pada Sabtu (7/8), ada sekitar 1.000 peserta yang mendaftar secara online untuk mengikuti kegiatan job fair tersebut. Dari jumlah tersebut, lebih dari 500 orang sudah datang mengunjungi tempat job fair.

Adapun dalam job fair tersebut, ada 2.215 lowongan pekerjaan yang ditawarkan dari 40 perusahaan yang berpartisipasi. “Peserta rata rata lulusan SMA atau SMK, serta fresh graduate. Perbandingannya hampir sama,” kata Siti, Minggu.

Dia berharap dengan adanya kegiatan tersebut, mampu menyerap tenaga kerja yang ada, sehingga bisa menekan angka pengangguran di Sleman. “Selain job fair, Disnaker Sleman juga rutin menggelar pelatihan bagi tenaga kerja baik soft skill maupun hard skill. Ini bertujuan agar para pencari kerja bisa memenuhi standart kompetensi yang ditetapkan para penyedia pekerjaan,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ruang Meletus, Warga Pesisir Pantai Diungsikan Hindari Potensi Tsunami

News
| Rabu, 17 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement