Ada Aplikasi TaniKu, Petani Kulonprogo Bakal Makin canggih

Ilustrasi. - Harian Jogja/Desi Suryanto
08 September 2019 00:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO- Pemkab Kulonprogo bakal meluncurkan aplikasi yang diklaim memudahkan para petani untuk mengelola pertanian berbasis teknologi. Aplikasi tersebut diberi nama TaniKu.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpangan) Kulonprogo, Aris Nugraha, mengatakan aplikasi yang rencananya akan tersedia di platform Android dan website Pemkab Kulonprogo itu menyediakan berbagai informasi seperti kios sarana produksi pertanian, produk-produk pertanian dan agrowisata.

"Aplikasi ini juga memuat informasi daftar gabungan kelompok tani [gapoktan], dan asosiasi petani yang sudah terdaftar di Kulonprogo," kata Aris, Sabtu (7/9/2019). Di aplikasi ini terdapat layanan online surat rekomendasi pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis tertentu bagi para petani serta informasi harga terbaru semua komoditas pertanian. 

Kepala Bidang Tanaman Pangan Distanpangan Kulonprogo, Tri Hidayatun menambahkan, aplikasi ini juga menyediakan layanan konsultasi secara interaktif. Petani bisa bertanya mengenai cara penanganan hama penyakit, tata cara budi daya agrobisnis dan mengatasi penyakit hewan ternak. Aplikasi akan diluncurkan akhir September 2019.