Ini Panjang Jalan dan Biaya Pembangunan Tol Solo-Jogja Menuju Bawen dan Kulonprogo

Ilustrasi jalan tol. - JIBI/Nicolous Irawan
13 September 2019 22:57 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Pembangunan jalan tol Solo-Jogja menuju Bawen dan Kulonprogo diperkirakan memakan biaya hingga puluhan triliun rupiah.

Berdasarkan situs bpjt.go.id dua ruas jalan tol di DIY baik Jalan Tol Jogja – Bawen sepanjang 77 Km dan Jalan Tol Solo – Jogja – Kulonprogo sepanjang 91,93 Km akan dilelang tahun ini. Nilai investasi untuk Jogja Bawen direncanakan Rp13,56 triliun sementara untuk Solo Jogja Kulonprogo sebesar Rp20,46 triliun.

Sayangnya, hingga berita ini diturunkan Kepala BPJT Danang Parikesit belum dapat dikonfirmasi terkait progres rencana tender tol tersebut.

Lelang jalan tol yang menghubungkan Solo-Jogja-Bawen hingga Kulonprogo akan dilelang setelah izin penetapan lokasi (Penlok) selesai. Sampai saat ini, proses IPL masih berlanjut.

Kepala DPUP-ESDM DIY Hananto Hadi Purnomo menjelaskan titik-titik tol yang ditetapkan tersebut bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dia menyontohkan keberadaan exit tol di wilayah Maguwoharjo, Sleman. Di kawasan ini, banyak lokasi wisata dan industri. Termasuk keberadaan Stadion Maguwoharjo. "Bahkan ada rencana Kabupaten Sleman akan membentuk Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata di sekitar. Nah keberadaan exit tol ini salah satu tujuannya untuk menumbuhkan ekonomi baru disebuah kawasan," katanya, Jumat (13/9/2019).