Dosen UMY Beri Pelatihan Pengelolaan Bank Sampah

Kegiatan pelatihan bagi pengelola bank sampah, yang diselenggaran oleh Tim Pengabdian Masyarakat Dosen UMY di Kradenan, Gamping, Sleman, Rabu (11/9/2019). - Ist/UMY.
13 September 2019 17:47 WIB Sunartono Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Tim Pengabdian Masyarakat Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan pelatihan bagi pengelola bank sampah di Kradenan, Gamping, Sleman, Rabu (11/9/2019). Kegiatan itu sebagai wujud kepedulian tim dosen terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan, melalui pengeloaan sampah.

Pelatihan itu diisi oleh Bambang Suwerda selaku inovator bank sampah di Indonesia sekaligus Direktur Bank Sampah Gemah Ripah Bantul. Dalam kesempatan itu, pelatihan juga diisi oleh Adhianty Nurjanah dan Sakir yang merupakan dosen UMY.

Adhianty Nurjanah menjelaskan kegiatan pelatihan pengelolaan bank sampah bagi pengelola bank sampah Kradenan Berseri ini merupakan rangkaian kegiatan pengabdian dan pendampingan masyarakat dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) UMY. “Kegiatan itu sebagai wujud kepedulian kami agar bank sampah di Kradenan, Gamping, Sleman ini mampu menjadi bank sampah yang maju mandiri dan sejahtera,” terangnya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (13/6/2019).

Ketua Pengelola Bank Sampah Kradenan Berseri Gamping, Sleman Kaharyanto menambahkan pelatihan itu dinilai sangat diperlukan baginya selaku pengelola bank sampah. Karena sebelumnya hanya berlatih secara otodidak. Sehingga adanya kerja sama pelatihan dan pendampingan dari UMY dapat menambah motivasi dalam mengelola serta meningkatkan pemahaman agar bank sampah bisa dikelola secara profesional.

“Dengan demikian harapan kami bank sampah kradenan berseri dapat menjadi bank sampah yang maju mandiri dan sejahtera,” ucapnya.