Advertisement

Dispar DIY Terus Genjot Kualitas Desa Wisata

Hafit Yudi Suprobo
Selasa, 24 September 2019 - 22:37 WIB
Arief Junianto
Dispar DIY Terus Genjot Kualitas Desa Wisata Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Dispar DIY Wardoyo (duduk, tengah) berfoto bersama peserta pendampingan desa wisata di Dusun Tanjung, Desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman, Selasa (24/9). - Istimewa/Dinas Pariwisata DIY

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pariwisata (Dispar) DIY melakukan pendampingan kepada desa wisata yang ada di Dusun Tanjung, Desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman, Selasa (24/9/2019). Pendampingan yang diberikan meliputi tiga aspek yakni penguatan SDM, pelayanan prima kepada wisatawan, dan penguatan potensi desa wisata.

Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Dispar DIY Wardoyo, mengatakan ketiga aspek pendampingan meliputi penguatan sumber daya manusia (SDM) di desa wisata. "Kami edukasi soal attitude yang baik untuk ditampilkan kepada wisatawan itu seperti apa, kemudian pelayanan prima yang baik itu seperti apa, lalu penguatan terhadap potensi desa wisata," kata Wardoyo kepada Harian Jogja, Selasa (24/9).

Advertisement

Pendampingan itu dilakukan Pemda DIY selama enam hari dan diikuti oleh 80 orang warga Desa Donoharjo. Pemilihan desa itu sebagai lokasi pendampingan, kata Wardoyo, lantaran kelompok sadar wisata (pokdarwis) di Desa Donoharjo sejauh ini sudah berkoordinasi dengan Pemkab Sleman.

"Kami memang memberikan keleluasaan untuk daerah, mereka juga sudah melakukan pemetaan terlebih dahulu. Harapannya nanti desa wisata itu menjadi pilot project," ucap dia.

Dalam memberikan pendampingan, Dispar DIY juga menggandeng sejumlah narasumber yang memiliki kompetensi dalam hal penguatan SDM, pelayanan prima kepada wisatawan, dan penguatan potensi desa wisata.

Dinas Pariwisata DIY, lanjut Wardoyo, memang tengah berupaya untuk melakukan pendampingan kepada lima desa wisata yang ada di lima kabupaten atau kota yang ada di DIY. "Di Sleman kebetulan ada di desa wisata di Dusun Tanjung. Masih ada empat desa lagi yang menjadi sasaran dari Dispar DIY," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepolisian Sydney Selidiki Motif Penikaman di Gereja

News
| Selasa, 16 April 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement