Kemenkumham Terima BKN Award 2019

Suasana Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian 2019 yang digelar BKN di Yogyakarta Marriot Hotel, Rabu (25/9/2019). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
25 September 2019 22:07 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menjadi salah satu penerima penghargaan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award 2019. Penghargaan itu diberikan kepada kementerian/lembaga/daerah (K/L/D) dengan implementasi terbaik dalam pelaksanaan manajemen aparatur sipil negara (ASN), mulai dari aspek perencanaan kebutuhan sampai dengan pengawasan.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala BKN Bima Haria Wibisana kepada Menteri hukum dan HAM yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Sekjen Kemenkumham) Bambang Rantam Sariwanto di Yogyakarta Marriot Hotel, Rabu (25/9/2019). Penyerahan penghargaan itu dilakukan dalam forum evaluasi pengelolaan manajamen kepegawaian se-Indonesia melalui Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian 2019 yang digelar BKN.

Sebanyak 30 instansi pemerintah yang melingkupi kementerian, lembaga pemerintah non-kementerian (LPNK), pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten berhasil meraih menyabet penghargaan sebagai pelaksana manajemen ASN berdasarkan keunggulan di masing-masing kategori yang dinilai.

Adapun kategori BKN Award 2019 mencakup lima kriteria, yakni aspek perencanaan formasi dan pelayanan pengadaan, kepangkatan dan pensiun; implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan pemanfaatan computer assisted test (CAT); penilaian kompetensi; implementasi penilaian kinerja; dan komitmen pengawasan. "Perlu kami sampaikan mekanisme penilaian BKN Award 2019 diawali dengan proses pengusulan daftar instansi terbaik yang meliputi enam kandidat di setiap kategorinya," kata Kepala BKN Bima Haria Wibisana.

Sekjen Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto dalam sambutannya mengatakan penghargaan tersebut berkat kerja keras yang dilakukan seluruh ASN di lingkungan Kemenkumham. Baik di tingkat pusat maupun daerah.

Salah satunya terkait dengan proses pembinaan kepegawaian serta rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kemenkumham pada 2017 dan 2018 yang menjadi role model terbaik di Indonesia. “Penghargaan ini jadi motivasi kami untuk berkinerja jauh lebih baik,” ucap dia.