Pasokan Listrik Sleman Berlimpah, Disebut Cukup untuk Bangun 40 Mal Lagi

Manajer PLN UP3 Yogyakarta, Eric Rossi Pryo Nugroho menyerahkan cinderamata kepada Bupati Sleman, Sri Purnomo di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Selasa (1/10/2019). - Ist/ Dok Panitia
01 Oktober 2019 22:57 WIB Fahmi Ahmad Burhan Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta memastikan pasokan listrik di Sleman tergolong aman. Bahkan, pasokan listrik cukup untuk bangun sampai 40 mal lagi.

Manajer PLN UP3 Yogyakarta, Eric Rossi Pryo Nugroho, mengatakan Sleman bisa mendapatkan pasokan listrik yang banyak. Saat ini, stok daya energi listrik secara keseluruhan di Sleman mencapai 450 megawatt (MW). Sedangkan, dari stok itu yang saat ini dugunakan hanya 200 MW.

"Ada 250 MW listrik lagi di Sleman dan ini masih sangat cukup untuk membangun 40 mal lagi," ujar Eric pada Selasa (1/10/2019) dalam agenda
Multi Stakeholder Forum 2019 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman.

Menurutnya, ketersediaan listrik di Sleman terjamin juga dengan adanya berbagai gardu induk. "Ada gardu induk di Kentungan, Medari, Godean, dan Gejayan. Nanti ada tambahan lagi di Kalasan," ujar Eric. Gardu induk di Kalasan ditujukan untuk mengantisipasi perkembangan beban di antara gardu induk Gejayan dan gardu induk Wonosari.

Menurutnya, pasokan listrik di Sleman banyak digunakan untuk sektor industri dan rumah tangga. Perkembangan ekonomi di sektor industri dan jasa di Sleman yang pesat membuat kebutuhan pasokan listrik semakin besar.

Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan tumbuhnya berbagai macam usaha di Sleman juga menuntut adanya kestabilan energi listrik dari PLN. "Kondisi strategis untuk kegiatan usaha dan bisnis tentu perlu adanya pasokan listrik yang stabil," ungkapnya pada Selasa.

Menurut Sri Purnomo ketika pasokan listrik stabil, maka itu akan mendorong masuknya berbagai investasi ke Sleman. Ia mengaku, tidak akan segan nantinya untuk mengatakan pada investor apabila pasokan listrik di Sleman stabil.

Selain itu, ia berharap, agar PLN dapat meminimalkan terjadinya gangguan kelistrikan seperti pemadaman di Sleman. Dalam menjamin kestabilan sebenarnya PLN sudah mengatasinya dengan meningkatkan kecepatan pemulihan ketika gangguan listrik.

Dari hasil perhitungan rata-rata saat listrik padam, durasi untuk pemulihan berkisar 60 menit per pelanggan dalam satu tahunnya. Apabila dirata-rata dalam sebulan diperlukan 12 menit untuk melakukan perbaikan.