Advertisement

Prodi MIHI UMY Raih Akreditasi A, Diklaim Pertama untuk Kampus Swasta

Rahmat Jiwandono
Selasa, 01 Oktober 2019 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
Prodi MIHI UMY Raih Akreditasi A, Diklaim Pertama untuk Kampus Swasta Ilustrasi wisuda perguruan tinggi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Program Studi (Prodi) Magister Ilmu Hubungan Internasional (MIHI) UMY meraih akreditasi A pada September lalu. UMY disebut sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia yang memiliki Prodi MIHI dengan akreditasi A.

Penetapan akreditasi prodi MIHI berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui SK No.3563/SK/BAN-PT/Akred/M/IX/2019. Ketua Prodi MIHI UMY, Surwandono, mengatakan pencapaian yang didapat oleh jurusannya tidak terlepas dari kurikulum pembelajaran yang telah dibentuk. Output dari mahasiswa yang mengambil Prodi MIHI tercatat 80% menjadi akademisi di berbagai PTS maupun PTN.

Advertisement

"Kami bertekad mencetak para lulusan dapat menjadi peneliti, dosen, dan praktisi," kata Surwandono, Selasa (1/10/2019).

Menurut Surwandono pada 2021 hingga 2026 prodi yang ia pimpin akan mulai melebarkan sayap ke kawasan Asia Tenggara. Tujuannya untuk menambah jumlah mahasiswa asing yang belajar di jurusan tersebut. Selain itu, pihaknya bakal memberikan program beasiswa bagi mahasiswa asing untuk belajar di UMY. "Mulai tahun ini kami akan memberikan minimal dua beasiswa per semester bagi mahasiswa asing," katanya.

Salah satu dosen Prodi MIHI UMY, Ali Muhammad, meyatakan penilaian BAN-PT terhadap Prodi MIHI berdasarkan tujuh standar. Antara lain mengenai visi misi, tata pamong, kemahasiswaan, SDM, keuangan, publikasi, dan hasil penelitian. "Tujuh standar ini yang dihitung dan punya bobot poin sendiri," kata dia.

BAN-PT menanyakan jumlah publikasi yang dihasilkan dalam waktu satu tahun terakhir. "Targetnya 10 publikasi dan berhasil tercapai lalu dapat poin empat," ujarnya.

Selain itu, dosen yang mengajar harus sudah menyelesaikan program studi S3 serta bergelar profesor. Prodi MIHI UMY kata dia mempunyai dua orang professor.

"Di UGM pun belum punya, secara hitung-hitungan kualitatif kami unggul," jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement