Advertisement

Timbangan Pedagang di Pasar Bantul Ditera Ulang

Kiki Luqmanul Hakim (ST 16)
Rabu, 02 Oktober 2019 - 10:17 WIB
Nina Atmasari
 Timbangan Pedagang di Pasar Bantul Ditera Ulang Petugas dari UPT Metrologi sedang melayani para pedagang pasar Bantul untuk tera ulang UTPP, Selasa (1/10/2019). - Harian Jogja/Kiki Luqmanul Hakim

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL – Unit Pelaksana Teksnis (UPT) Metrologi Dinas Perdangan Bantul melakukan tera ulang alat ukur kepada seluruh pedagang pasar Bantul yang setiap harinya menggunakan alat ukur. Peneraan ulang ini dilakukan pada Senin (30/9/2019) hingga Selasa (1/10/2019).

Penera Ahli UPT Metrologi Bantul, Made Mukiada, menyampaikan bahwa peneraan ulang ini merupakan kegiatan rutin yang tujuannya untuk melindungi para pedagang dan konsumen dari kecurangan-kecurangan alat ukur yang kerap terjadi.

Advertisement

“Kegiatan ini tidak lain untuk melindungi hak konsumen dan juga penjual, kalau timbangannya berbeda kan bakal ada yang dirugikan, selain itu untuk menghindari kecurangan-kecurangan yang sering terjadi di alat ukur atau UTTP-nya,” katanya ketika ditemui Harianjogja.com.

Ia menambahkan bahwa jika hari ini ada pedagang yang belum sempat menera ulang UTTP-nya, para pedagang tersebut bisa melakukan tera ulang di Kantor Dinas UPT Metrologi Bantul yang beralamat di Jl. Wahidin Sudiro Husudo No.70, Karangbayam, Bantul.

Pedagang sendiri hanya perlu mengeluarkan uang Rp.3000 untuk biaya retribusi lalu biaya reparasi kurang lebih sekitar Rp25.000. Kunta mengatakan jika UTTP pedagang tidak perlu direparasi maka pedagang hanya perlu membayar biaya retribusi.

"Selama kemarin kami telah menera ulang timbangan meja sebanyak 116, anak timbangan ada 230, timbangan sentisimal ada satu, timbangan elektronik ada 21, jika dalam jangka satu tahun ada alat timbang serta perangkat lainnya yang rusak maka para pedagang bisa meneraulangkan alat mereka di Kantor Dinas UPT Metrologi,” jelasnya.

Made mengatakan bahwa tera ulang ini akan berlangsung hingga bulan Oktober mendatang di seluruh pasar yang ada di Bantul. Menurut Made ke depannya kesadaran para pedagang dalam menerakan UTTP-nya harus ditingkatkan lagi agar hak konsumen dan hak pedagang tidak dirugikan.

UPT Metrologi Bantul juga telah mendistribusikan sepuluh Timbangan Ukur Ulang (TUU) kepada pasar di Bantul yaitu Pasar Angkruksari, Bantul, Ngipik, Niten, Pijenan, Piyungan, Pleret, Pundong, Semampir, serta Pasar Sorobayan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Jogjapolitan | 59 minutes ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement