Pengamen Terlalu Banyak, Wisatawan di Alkid Kesal

Wisatawan singgah di tempat makan lesehan di Alun-Alun Kidul, Jogja belum lama ini. - Harian Jogja/Devi Indah Yani (M132)
06 Oktober 2019 20:37 WIB Devi Indah Yani (M132) Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA— Sejumlah wisatawan yang mendatangi Alun-Alun Kidul mengeluhkan keberadaan pengamen di kawasan itu.

Salah satu wisatawan asal Medan, Fatmawati, mengeluhkan beberapa pengamen datang silih berganti dengan rentang waktu yang cukup pendek. “Saya saja belum pesan makanan, pengamen sudah datang. Baru 15 menit saya duduk, sudah datang pengamen yang lain,” kata dia saat ditemui di salah satu tempat makan lesehan di Alun-Alun Kidul, Jumat (4/10/2019) malam.

Sebagai pengunjung, pada dasarnya dia tak mempermasalahkan adanya pengamen. Namun seharusnya rentang waktu antara pengamen satu dan yang lainnya mengamen di depan satu pengunjung yang sama, jangan terlalu pendek. “Sehingga pengunjung juga tidak kesal,” ucap Fatma.

Senada, mahasiswa asal Palembang yang sedang berlibur ke Jogja Sutan Al-Hafiz juga mengeluhkan seringnya ia didatangi pengamen.

“Menurut ku tidak ada salahnya pengamen-pengamen itu, ya kitanya maklumi aja namanya juga cari rezeki yang pentingkan dia nya mau usaha nyari udah bagus itu. Tapi memang sih kalau dilihat keadaannya yang kayak begini bikin kesal juga, tapi ya sudah sekali lagi dimaklumi aja,” kata Sutan saat ditemui di Alun-Alun Kidul.