Advertisement

Mampu Kembangkan UMKM, Kulonprogo Peroleh Natamukti Award 2019

Jalu Rahman Dewantara
Selasa, 08 Oktober 2019 - 10:07 WIB
Sunartono
Mampu Kembangkan UMKM, Kulonprogo Peroleh Natamukti Award 2019 Ilustrasi peresmian UMKM Nyi Ageng Serang di Gedung Kesenian Kulonprogo, Senin (23/4/2018). - Harian Jogja/Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--International Council For Small Business (ICSB) memberi penghargaan Natamukti Award 2019 kepada Kabupaten Kulonprogo, Senin (7/10/2019). Kulonprogo dinilai memiliki komitmen dalam pengembangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), sehingga mendapatkan penghargaan tersebut.

Sebelum memperoleh penghargaan ini, Kulonprogo terlebih dahulu menjalani seleksi pengkajian dan penilaian sekto UMKM. Dari 90 kabupaten dan kota yang diusulkan, ada 41 yang memenuhi syarat, termasuk Kulonprogo.

Advertisement

Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo mengatakan penghargaan ini menjadi motivasi pemerintah untuk lebih mengoptimalkan pembinaan di sektor UMKM. Di samping itu kebijakan yang memudahkan UMKM turut menjadi fokus bersama.

Sutedjo mengatakan, sejauh ini Kulonprogo sudah memiliki program dan kebijakan yang mendukung keberadaan industri kecil. Di antaranya perda penataan toko modern, perlindungan pasar rakyat, pasar tradisional, dan beberapa toko berjejaring yang sudah diakuisisi oleh Koperasi dan berganti nama jadi Toko Milik Rakyat (Tomira)

"Koperasi itu adalah rakyat, maka kemudian produk UMKM Kabupaten Kulonprogo sudah banyak masuk di toko yang menjadi Tomira," kata Tedjo.

Ini semua lanjutnya menjadi tantangan bagi pemerintah untuk bisa mengembangkan program yang sudah ada. Diharapkan semakin banyak UMKM yang bisa menelurkan produk berkualitas, sehingga bisa masuk pasar yang lebih luas lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement