Mampu Kembangkan UMKM, Kulonprogo Peroleh Natamukti Award 2019

Ilustrasi peresmian UMKM Nyi Ageng Serang di Gedung Kesenian Kulonprogo, Senin (23/4/2018). - Harian Jogja/Beny Prasetya
08 Oktober 2019 10:07 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--International Council For Small Business (ICSB) memberi penghargaan Natamukti Award 2019 kepada Kabupaten Kulonprogo, Senin (7/10/2019). Kulonprogo dinilai memiliki komitmen dalam pengembangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), sehingga mendapatkan penghargaan tersebut.

Sebelum memperoleh penghargaan ini, Kulonprogo terlebih dahulu menjalani seleksi pengkajian dan penilaian sekto UMKM. Dari 90 kabupaten dan kota yang diusulkan, ada 41 yang memenuhi syarat, termasuk Kulonprogo.

Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo mengatakan penghargaan ini menjadi motivasi pemerintah untuk lebih mengoptimalkan pembinaan di sektor UMKM. Di samping itu kebijakan yang memudahkan UMKM turut menjadi fokus bersama.

Sutedjo mengatakan, sejauh ini Kulonprogo sudah memiliki program dan kebijakan yang mendukung keberadaan industri kecil. Di antaranya perda penataan toko modern, perlindungan pasar rakyat, pasar tradisional, dan beberapa toko berjejaring yang sudah diakuisisi oleh Koperasi dan berganti nama jadi Toko Milik Rakyat (Tomira)

"Koperasi itu adalah rakyat, maka kemudian produk UMKM Kabupaten Kulonprogo sudah banyak masuk di toko yang menjadi Tomira," kata Tedjo.

Ini semua lanjutnya menjadi tantangan bagi pemerintah untuk bisa mengembangkan program yang sudah ada. Diharapkan semakin banyak UMKM yang bisa menelurkan produk berkualitas, sehingga bisa masuk pasar yang lebih luas lagi.