Ditolak UGM, Ceramah UAS di UII Dihadiri Ribuan Orang

Jamaah kuliah umum seminar Moderasi Islam 3 di Masjid Ulil Albab Kampus UII Jalan Kaliurang Km 14,5, Ngaglik, Sleman, Sabtu (12/10/2019)./Harian Jogja-Adit Bambang Setyawan - M128
13 Oktober 2019 01:37 WIB Adit Bambang Setyawan/M128 Sleman Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Ustad Abdul Somad atau yang dikenal dengan UAS batal mengisi kuliah umum di Masjid Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogja, Sabtu (12/10/2019) Pagi karena ada larangan dari pihak Rektor UGM. Namun akhirnya ia diterima oleh Fakultas Kuliah Hukum Universitas Islam Indonesia Untuk memberikan kuliah umum di Masjid Ulil Albab Kampus UII Jalan Kaliurang Km 14,5, Ngaglik, Sleman, Sabtu siang.

Ustad Abdul Somad (UAS) akhirnya menjadi pembicara dalam seminar Moderasi Islam #3 di masjid Ulil Albab kampus terpadu Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Selain UAS, seminar Moderasi Islam #3 dengan tema Integritas Islam dan Ilmu Pengetahuan tersebut, dihadiri oleh akademisi dari UII, Nurcholis, dengan kata pengantar Rektor UII Fathul Wahid. Kegiatan itu berlangsung dari pukul 13.00-15.00 WIB.

Rektor UII, Fathul Wahid mengungkapkan mengenai tema yang diambil tidak jauh berbeda dengan yang semula akan dilaksanakan di Masjid Kampus UGM yaitu Integrasi Islam dan Ilmu Pengetahuan namun dengan konsep Seminar Moderasi Islam.

Acara ini dihadiri oleh ribuan orang hingga memenuhi Masjid Ulil Albab Kampus UII. Ini semua memang sudah diduga oleh panitia bahkan sudah diantisipasi. Dari yang awalnya akan dilaksanakan di Masjid Fakultas Hukumn UII Jalan Taman Siswa Yogyakarta. akhirnya di pindah ke Masjid UII di Kampus Terpadu.

“Pemindahan lokasi ini dilakukan sebagai antisipasi beludaknya peserta yang akan hadir dalam acara tersebut,'' kata Dekan Fakultas Hukum UII Abdul Jamil.

Dalam kajian UAS membahas mengenai keilmuan yang dikaitkan dengan Alquran seperti halnya proses pembentukan manusia dalam Ilmu Biologi dan dijelaskan menggunakan surat-surat yang ada dalam Alquran dan ilmu-ilmu yang lain.

“Saya ke sini mau belajar rendah hati, pak rektor UII ajarkan bagaimana rendah hati,” ujar UAS.

Banyak peserta yang hadir baik dari mahasiswa UII, mahasiswa UGM, dan masyarakat Jogja yang mengaku ingin mencari ilmu agama lewat UAS. “Saya datang ke sini bersama teman teman saya, dengan kerendahan hati ingin mencari ilmu dengan Ustad Abdul Somad,” kata Vira Mahasiswi UGM.

“Sebetulnya permasalahan yang terjadi saat ini terkait dengan kejadian yang menimpa Ustad Abdul Somad saat ini adalah gagalnya kita dalam merubah pola pikir,” kata Ariani Wijaya Salah satu Jamaah seminar Moderasi Islam #3.

Moderator seminar Moderasi Islam #3 Nurcholis mengatakan apa yang disampaikan Ustad Abdul Somad adalah ajaran Islam yang moderat, islam yang membawa kesejukan dan rahmad bagi alam semesta, bukan islam yang selama ini sering dituduhkan kepadanya.