Advertisement

2 Desa Wisata di DIY Raih Penghargaan Tingkat Dunia

Muhammad Nadhir Attamimi
Selasa, 15 Oktober 2019 - 21:07 WIB
Yudhi Kusdiyanto
2 Desa Wisata di DIY Raih Penghargaan Tingkat Dunia Embung Nglanggeran di Kecamatan Patuk. - Harian Jogja/Galih Eko Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Desa Wisata Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul dan Desa Wisata Pentingsari, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, berhasil menyabet penghargaan bergengsi dunia di bidang pariwisata yakni sebagai Sustainable Destinations Top 100 Dunia.

"Di DIY ada dua desa wisaya yang menerima yakni Nglanggeran dan Pentingsari. Penghargaan diserahkan 2 Oktober 2019," kata Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, saat ditemui Harian Jogja di Desa Wisata Nglanggeran, Selasa (15/10/2019).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Ia mengungkapkan penilaian tersebut diikuti oleh seluruh negara di dunia dan dilakukan penyaringan hingga 100 besar yang menjadi peraih penghargaan bergengsi. Menurutnya, banyak penilaian yang diberikan oleh juri internasional di antaranya pemanfaatan sebelum dan sesudah desa wisata itu dibangun.

Singgih menuturkan perbedaan dan pemanfaatan dua desa wisata di DIY sehingga masuk dalam penjurian ajang bergengsi dilihat dari sisi pelestarian desa wisata, ekosistem yang masih terjaga, hingga kemanfaatan hadirnya pariwisata dalam mendongkrak ekonomi dan budaya masyarakat sekitar. "Bagian itulah yang dinilai sebagai sebuah keseimbangan antara aktivitas wisata dengan alam, tidak merusak tapi justru melestarikan alam," ujarnya.

Dengan penghargaan yang diraih, Singgih mengimbau kepada perangkat desa, pokdarwis dan seluruh warga untuk terus melestarikan apa yang ada di desa, baik dari sisi budaya hingga alam demi mempertahankan dan meningkatkan pencapaian penghargaan. "Kalau semakin dilestarikan dan dijaga, maka mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat," ujarnya

Dispar terus mengontrol dan mendampingi desa-desa wisata tersebut dan lainnya. "Kami selalu melakukan pendampingan baik fisik maupun nonfisik sehingga semua desa wisata memiliki daya saing dan bisa menarik wisatawan," kata dia.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Survei Indikator: Polri Masih Terpuruk

News
| Senin, 28 November 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Sajian Musik Etnik Dihadirkan Demi Hidupkan Wisata Budaya Kotagede

Wisata
| Senin, 28 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement