HARIAN JOGJA HARI INI: Siapa Bertahan, Siapa Keluar

Harian Jogja Hari ini - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati
17 Oktober 2019 11:17 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Siapa Bertahan, Siapa Keluar
JAKARTA - Dalam lima tahun terakhir, Presiden Joko Widodo beberapa kali mengganti anggota Kabinet Kerja, baik dari kalangan partai politik, militer, polisi atau profesional. Pergantian itu bukan hanya dilatarbelakangi keputusan politik, tapi juga keputusan hukum seperti penetapan menteri sebagai tersangka korupsi.

UU Berlaku, KPK Masih Bisa Menyadap
JAKARTA - Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru akan berlaku mulai Kamis (17/10/2019). Lembaga antirasuah khawatir tak bisa menyadap dan operasi tangkap tangan (OTT) setelah UU KPK berlaku.

Kafe Ganja, Upaya Mengontrol Pasar Gelap
Di Amerika Serikat (AS) dan Belanda, ganja dianggap tidak lebih berbahaya dibandingkan alkohol dan nikotin dalam rokok. Di sana, legalisasi ganja merambah ke kafe. Targetnya tak hanya melegalkan ganja agar terkontrol penggunaannya serta memberantas pasar gelap, namun menjadikan ganja setara wine. Bisa dinikmati bersama teman dengan lebih mentereng.

Jawab Krisisi dengan Kebijakan
HONG KONG - Pemimpin Eksekutif Hong Kong, Carrie Lam, mencoba menenangkan rakyat dengan menawarkan kebijakan publik berupa perbaikan kondisi perumahan termasuk penyediaan lahan baru.

Melaju dengan Catatan
JAKARTA - Pembangunan infrastruktur selama 5 tahun Pemerintahan Joko Widodo- Jusuf Kalla cukup gemilang karena melampaui target rencana strategis. Namun, pembangunan yang masif itu belum sepenuhnya menuntaskan berbagai persoalan domestik.

Tur Sewindu Solo Ditunda hingga Pekan Depan
Rangkaian konser penyanyi Muhammad Tulus di Solo yang sedianya digelar di De Tjolomadoe, Jumat (18/10/2019) malam, terpaksa ditunda.

Nyaris Malu
SOLNA - Timnas Spanyol pantas berterima kasih kepada Rodrigo Moreno pada penyisihan Euro 2020 kontra Swedia di Stadion Friends, Arena, Solna, Swedia, Rabu (16/10/2019) dini hari WIB.

Vito Masih Memelihara Asa
ODENSE - Pebulu tangkis tunggal putra kelahiran Sukoharjo, Shesar Hiren Rhustavito, melaju mulus ke babak kedua Denmark Open 2019.

Presiden Harap Palapa Ring Perkuat Ekonomi
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan operasi infrastruktur jaringan telekomunikasi, Palapa Ring, dapat mempekuat perdagangan serta memperbaiki birokrasi dan pelayanan publik.

Pendaftaran CPNS Dimulai November
JOGJA - Tahap pendaftaran dalam penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 digelar awal November. Secara umum pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Jumlah pendaftar diperkirakan naik hingga 10%.

Human Error Jadi Biang Utama Kecelakaan
JOGJA - Jumlah kasus kecelakaan lalu lintas di Kota Jogja terus meningkat dari tahun ke tahun. Kesalahan pengemudi kendaraan masih jadi faktor utama dari penyebab kecelakaan lalu lintas di Kota Jogja.

Sleman Minim Pos Pemadam
SLEMAN - Tingginya potensi kebakaran di Kabupaten Sleman, terutama di wilayah padat penduduk, ternyata tak diimbangi dengan fasilitas yang mumpuni. Selain sejumlah mobil pemadam kebakaran yang rusak, saat ini posko pemadam kebakaran hanya ada di dua titik.

Proyek Jangan Sampai Molor
WONOSARI - Komisi C DPRD Gunungkidul meminta Pemkab untuk memastikan program pembangunan fisik dapat berjalan sesuai dengan target yang dicanangkan. Pasalnya, waktu efektidf tahun ini tinggal 2,5 bulan sehingga harus ada kepastian pembangunan tidak molor.

Debit Air Perlu Peningkatan
PENGASIH - Permasalahan kekeringan di Kulonprogo tak hanya membuat warga sulit memenuhi kebutuhan sehari-hari tetapi turut membuat warga tidak bisa bertani.

Rektor UIN Ingin Tertibkan Khatib
SLEMAN - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Jogja, Yudian Wahyudi, mengatakan apabila dipilih sebagai Menteri Agama (Menag) dalam Kabinet Kerja Jilid II pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin, dirinya siap mewujudkan program sertifikasi khatib atau penecramah salat Jumat guna memberantas radikalisme.

DIY Miliki Stabilitas Ekonomi yang Baik
JOGJA - Ekonom UGM menilai DIY mampu mempertahankan stabilitas ekonomi. Namun untuk akselerasi pertumbuhan dan pemerataan masih perlu ditingkatkan.

Warga Keturunan Tionghoa Jogja Berharap Pelantikan Presiden Lancar
JOGJA - Masyarakat Jogja keturunan Tionghoa mendukung pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wkil Presiden Ma'ruf Amin, yang akan dilaksanakan pada Minggu (20/10/2019). Sejumlah harapan pun muncul.


Lebih lengkap Anda dapat membaca Harian Jogja dalam versi cetak. Dapatkan Harian Jogja dengan harga Rp3.000 di agen terdekat.

Anda juga dapat mengakses Harian Jogja versi digital dengan berlangganan di epaper.harianjogja.com.

Selamat membaca. Harian Jogja, berbudaya, membangun kemandirian.