Advertisement

Ini Daftar Lengkap Desa di DIY yang Dilewati Tol Solo-Jogja-Bawen

Abdul Hamied Razak
Kamis, 17 Oktober 2019 - 21:37 WIB
Bhekti Suryani
Ini Daftar Lengkap Desa di DIY yang Dilewati Tol Solo-Jogja-Bawen Ilustrasi jalan tol. - JIBI/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Pemda DIY mulai melakukan prasosialisasi rencana pembangunan tol untuk trase Jogja-Solo dan Jogja-Bawen. Prasosialisasi tersebut baru melibatkan para camat dan kepala desa di wilayah Sleman.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) DIY Krido Suprayitno, mengatakan prasosialisasi tersebut dilakukan sebelum digelar konsultasi publik. Jika tahap ini selesai, maka sosialisasi akan dilakukan kepada warga terdampak. "Prinsip dasar pembangunan tol konstruksinya elevated. Terutama di selokan Mataram," katanya seusai kegiatan, Kamis (17/10/2019).

Advertisement

Berdasarkan data Dispertaru DIY, tol Jogja Solo akan melewati enam kecamatan dan 14 desa sepanjang 22,36 km. Jalan tol tersebut diperkirakan melewati Desa Tamanmartani, Selomartani, Tirtomartani, dan Purwomartani (Kalasan) serta sebagian kecil di Bokoharjo (Prambanan).

Selain itu, desa yang dilewati Maguwoharjo, Condongcatur, Caturtunggal (Depok), Sariharjo (Ngaglik), Sinduadi, Sendangadi, Tlogoadi, Tirtoadi (Mlati), dan Trihanggo (Gamping).

"Total jumlah bidang ada 2.906 bidang dengan perkiraan luas area 1,744 hektare," katanya.

Untuk tol Jogja-Bawen, lanjut Krido, jalur tol melewati lima kecamatan dan delapan desa. Meliputi Banyurejo (Tempel), Margokaton, Margodadi, Margomulyo (Seyegan). Kemudian Desa Sidomoyo (Godean), Tirtoadi, Tlogoadi (Mlati) dan Trihanggo (Gamping).

Total jumlah bidang yang dilewati sebanyak 722 bidang atau seluas 467 hektare sepanjang 10,9 km. "Luas area baik yang Jogja-Solo maupun Jogja-Bawen itu masih kira-kira. Masih bisa berubah sesuai kondisi di lapangan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement