Advertisement

Mengenang Masa Orde Baru, FMI Gelar Ziarah ke Astana Giribangun

Rofik Syarif G.P (M127)
Jum'at, 18 Oktober 2019 - 22:27 WIB
Nina Atmasari
Mengenang Masa Orde Baru, FMI Gelar Ziarah ke Astana Giribangun Forum Indonesia Menggugat (FMI) mengadakan ziarah ke Astana Giribangun, pada Jumat siang (18/10/2019). /Harian Jogja-Rofik Syarif G.P - M127

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Dalam mengingat kembali masa-masa orde baru, Forum Indonesia Menggugat (FMI) mengadakan ziarah ke Astana Giribangun, pada Jumat siang (18/10/2019). Mereka lebih dahulu berkumpul di Komplek Jaman Edan Jl. Mangkubumi Jogja.

Salah satu penggagas FMI Marjana Hari Santosa mengatakan acara ini diadakan oleh Forum Indonesia Menggunggat (FMI). FMI merupakan sebuah forum yang terdiri berbagai elemen masyarakat seperti mahasiswa, petani hingga aktivis.

Advertisement

Hari menambahkan prinsip dari kegiatan ini yaitu berusaha untuk selalu fokus dan jernih dalam memandang permasalahan bangsa dan negara Indonesia. “Kami berpendapat bahwa semua kekacauan yang terjadi di negeri ini tak lain dan tak bukan penyebabnya adalah zaman orde baru,” ucap dia.

Menurutnya tujuan dari kegiatan ini yaitu mengingatkan masyarakat agar tidak lupa dengan apa yang pernah dilakukan oleh orde baru. “Peserta yang ikut dalam ziarah ini berjumlah kurang lebih 300 orang baik dari Solo maupun dari Jogja. Sedangkan untuk Jogja peserta yang ikut berjumlah sekitar 170 orang,” tambah Marjana.

Adapun alasan mereka menggunakan dresscode pakaian tradisional dengan ikat blangkon yaitu untuk nguri-uri budaya. "Kami juga berharap bahwa acara ini bisa berlangsung damai, aman dan sejuk sesuai dengan kultur serta sifat bangsa Indonesia yang selalu menekankan pada keharmonisan,” ucap Hari

FMI berharap agar semua harta hasil korupsi pejabat di zaman orde baru dapat kembali pada pemerintah Indonesia dan bisa dimanfaatkan buat kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Alasan Kepolisian Hentikan Penyidikan Kasus Aiman Witjaksono

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement