Advertisement

JIHW Digelar Lagi Tahun Ini, Catat Tanggalnya

Arief Junianto
Senin, 21 Oktober 2019 - 22:07 WIB
Arief Junianto
JIHW Digelar Lagi Tahun Ini, Catat Tanggalnya Para pesera JIHW tahun lalu. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Jogja International Heritage Walk (JIHW) kembali digelar tahun ini. Rencananya, event yang sudah kali ke-11 digelar itu bakal diselenggarakan di Candi Prambanan dan Desa Wisata Pancoh, Kecamatan Turi, Sleman, 16-17 November mendatang.

Marketing Communication The 11th JIHW Salima Canthika Putri Suroto mengatakan acara yang masuk dalam One of 100 Best National Event tersebut bertujuan mengajak masyarakat luas untuk mencintai dan menikmati kegiatan jalan kaki nonkompetisi. “Konsep nonkompetisi merupakan sebuah terobosan berolahraga, di mana semua orang tanpa terkecuali bisa ikut serta,” kata dia melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Senin (21/10/2019).

Advertisement

Salah satu hal yang selama ini jadi ciri khas JIHW, kata Salima adalah perpaduan antara konsep pariwisata, budaya, pendidikan dan pelestarian alam, selain tentunya aspek kesehatan, pendidikan, dan komunikasi. “Karena dalam JIHW ada sub-event bernama Edutrip; gerakan sadar lingkungan melalui kampanye Save the Nature; mengenal lebih dekat nilai warisan budaya; dan juga kegiatan ekonomi dan pariwisata,” ucap Salima.

Tahun ini, diakui dia sudah sekitar 250 peserta dari 19 negara telah mendaftarkan diri. Bagi peserta mengikuti JIHW selama dua hari, panitia menyediakan tambahan minuman dingin di Prambanan dan kelapa muda di Turi. Uniknya, peserta akan diberi kreweng (koin tanah liat) untuk ditukarkan dengan minuman menyegarkan tersebut. “Jika peserta mampu menyelesaikan rute yang dipilih, baik lima kilometer, 10 kilometer maupun 20 kilometer, mereka akan mendapatkan medali finisher JIHW,” ucap dia.

Adapun untuk mengangkat tema pendidikan dan pelestarian alam, JIHW menggandeng berbagai komunitas terkait. Edukasi tentang peninggalan budaya dan juga kecintaan terhadap alam sekitar sangat baik diajarkan sejak usia dini. “Itulah sebabnya, JIHW menargetkan pelajar TK, SD, SMP dan SMA/SMK untuk hadir dalam kegiatan sub-event pada Sabtu [16/11/2019] di Lapangan Mandala Garuda, kompleks Candi Prambanan,” kata dia.

Bagi peserta yang ingin mendaftar atau sekadar mengetahui informasi lebih lanjut, panitia mempersilakan untuk mengunjungi laman www.jogjaheritagewalk.com atau langsung mendaftar ke sekretariat JIHW. Pendaftaran akan ditutup pada 10 November 2019. "Untuk lebih jelasnya, bisa menghubungi nomor telepon 0812-2924-6979 atau kunjungi Instagram @jogjawalking dan Facebook Jogja International
Heritage Walk," ucap Salima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement