Polres Gunungkidul Mulai Gelar Operasi Zebra Progo 2019

Gelar pasukan mengawali pelaksanaan Operasi Zebra Progo 2019 yang digelar di halaman Mapolres Gunungkidul, Rabu (23/10/2019). - Harian Jogja/Muhammad Nadhir Attamimi
23 Oktober 2019 22:27 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Mengawali pelaksanaan Operasi Zebra Progo 2019, Polres Gunungkidul menggelar Apel Gelar Pasukan di halaman markas, Rabu (23/10/2019). Operasi keselamatan berlalulintas ini berlangsung selama 14 hari dengan sasaran wilayah strategis di wilayah Gunungkidul.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Agus Setiawan, menyatakan operasi digelar untuk menindak pelanggar aturan lalu lintas agar timbul efek jera. “Operasi ini untuk penegakan hukum dengan rincian 80 persen upaya preventif, 10 persen upaya persuasif dan 10 persen tindakan represif,” kata Kapolres, Rabu.

Ia mengingatkan kepada masyarakat dan jajarannya agar selama operasi berlangsung untuk sama-sama menghindari pungutan liar (pungli) dan suap. “Misalkan ada pelanggaran, petugas harus tegas, tidak ada pungutan liar atau upaya suap dari pelanggar. Kami bakal menindak pelanggaran yang kasat mata dan yang membahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain,” ujarnya.

Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Anang Tri Novian, mengungkapkan operasi lalulintas yang digelar sebelumnya selalu menunjukkan tren peningkatan pelanggar, terutama pada sisi fatalitas dan ketertiban masyarakat. Oleh karena itu, dengan operasi ini diharapkan mampu menekan pelanggaran dan angka kecelakaan di wilayah Gunungkidul.