Animal Expo Digelar untuk Tingkatkan Kesadaran Menjaga Lingkungan Sehat

Ilustrasi masyarakat meramaikan event Animal Kingdom di Sleman City Hall, Sleman./ Ist - Sleman City Hall
28 Oktober 2019 13:47 WIB Sunartono Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Kelompok Studi Hewan Kesayangan (KSHK) Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UGM akan menyelenggarakan Animal Expo pada Minggu 03 November 2019 mendatang. Kegiatan itu akan dihelat di Sleman City Hall, Jl. Magelang Km. 9,6 Tridadi, Sleman dengan mengangkat tema One Health for One World.

Ketua Panitia Animal Expo 2019 Berliana Megarahma menjelaskan kegiatan itu diadakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan sehat yang di dalamnya terdapat komponen manusia dan hewan. Zoonosis yang merupakan penyakit infeksi ditularkan hewan dan manusia akan menjadi perhatian dalam kegiatan tersebut.

“Kejadian zoonosis membawa dampak terhadap kesehatan masyarakat seperti kecemasan, ketakutan, kesakitan, dan kematian, kemudian terhadap pembangunan peternakan dan pertanian secara umum, ekonomi, pariwisata dan konservasi satwa liar,” dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Sabtu (26/10/2019).

Ia menambahkan, zoonosis yang tidak ditangani secara profesional dapat menimbulkan kematian jutaan orang. Sejalan dengan itu adanya Animal Expo, One Health for One World diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat umum tentang penerapan konsep one health. Selain itu untuk menambah pengetahuan mahasiswa FKH serta dokter hewan tentang penerapan konsep one health dari aspek kesehatan hewan dan memperluas wawasan masyarakat umum tentang pentingnya zoonosis untuk kelangsungan ekosistem yang seimbang.

Kegiatan tersebut juga akan diisi lomba mewarnai, talkshow, dogrun, penampilan komunitas, dan pembagian doorprize. Kegiatan Lomba mewarnai dapat diikuti siswa kelas 1 dan kelas 2 Sekolah Dasar (SD) dengan membayar pendaftaran Rp20.000 per anak. “Ada pembagian obat cacing gratis untuk 50 hewan pendaftar,” katanya.

Sejumlah komunitas yang terlibat dalam event ini antara lain, Jogja Free Flight, Owl, Kedai Satwa, Pet Gallery, Pager (Paguyuban Gadjah Mada Eksotik dan Reptil), Gembira Loka Zoo, KPI (Komunitas Pecinta Iguana) , Yoglider (Sugar Glider). Selain itu ada Paguyuban Aquascape Yogyakarta, Sanjaya Gecko, Alpo, Djamoesiti (Djogja Moesang Istimewa), Javascape AG, Natrix, Animal Keeper Jogja dan Tarantula Owner Yogyakarta.