Warga Paliyan Temukan Granat Aktif di Halaman Rumah

Anggota Brimob Polda DIY mengevakuasi granat yang ditemukan di halaman rumah Hendro Triyudono, 44, warga Dusun Corot RT 15, Desa Karangduwet, Kecamatan Paliyan, Minggu (3/11 - 2019)
03 November 2019 22:07 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Seorang warga, Hendro Triyudono, 44, warga Dusun Corot RT 15, Desa Karangduwet, Kecamatan Paliyan, menemukan granat aktif saat membersihkan halaman rumah, Minggu (3/11).

"Granat dalam posisi terpendam dan saya temukan saat membersihkan halaman rumah," kata Hendro saat ditemui Harian Jogja, Minggu. Hendro menduga granat tersebut telah lama berada di pekarangan rumahnya karena sudah terkubur dan tertutup tanah cukup tebal.

Kapolsek Paliyan, AKP Edy Purnomo, menjelaskan berdasar pemeriksaan yang dilakukan Tim Gegana Satbrimob Polda DIY, granat jenis nanas yang ditemukan di halaman rumah Hendro masih aktif.

Dijelaskan Edy, berdasar keterangan saksi penemu, lokasi penemuan granat sebelumnya digunakan untuk menampung pasir, sehingga dimungkinkan granat tersebut terbawa bersama pasir. "Kemungkinan asal-usul granat itu terpendam dalam pasir yang dibeli oleh saksi penemu," kata Edy.