Program Kemenkeu Mengajar Sambangi Sejumlah Sekolah di DIY

Kepala Kanwil Ditjen Pajak DIY menjadi sukarelawan Kemenkeu Mengajar di SD Condongcatur, Sleman. - Ist
05 November 2019 20:17 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Ribuan pegawai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali menyemarakkan kegiatan Kemenkeu Mengajar. Hajatan tahunan pegawai Kementerian Keuangan yang dimulai sejak 2016 tersebut tahun ini dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia pada Senin (4/11/2019) lalu.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkenalkan peran Kementerian Keuangan dalam kehidupan bangsa Indonesia serta nilai-nilai Kementerian Keuangan dengan berbekal kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial dari masing-masing pegawai yang terlibat.

Para sukarelawan akan berperan sebagai guru dan mengisi beberapa kelas terpilih di masing-masing sekolah. Materi yang diajarkan dibagi menjadi beberapa bagian, yakni pengenalan terhadap Kementerian Keuangan, tugas dan fungsi Kementerian Keuangan, penjelasan sederhana mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), nilai-nilai Kementerian Keuangan, anti-bullying, diakhiri dengan pemberian motivasi untuk belajar giat dan berbakti untuk negeri.

Kegiatan ini dilaksanakan secara sukarela dimana seluruh biaya yang muncul ditanggung oleh masing-masing panitia dan sukarelawan, baik pengajar maupun dokumentator, tanpa melibatkan APBN dan pegawai yang mengikuti Kemenkeu Mengajar juga tidak akan mendapatkan pembayaran, baik honor maupun Surat Perjalanan Dinas (SPD).

Pelaksanaan kegiatan Kemenkeu Mengajar tahun ini melibatkan 2.715 orang pegawai sebagai pengajar dan dokumentator yang berasal dari seluruh wilayah kerja Kementerian Keuangan di seluruh Indonesia serta ratusan pegawai lain yang berperan sebagai panitia daerah di masing-masing daerah penyelenggara.

Dari 29 provinsi yang terpilih sebagai lokasi penyelenggaraan, terdapat 159 sekolah dasar (SD) serta 47.794 orang pelajar SD yang dikelompokkan dalam 1.639 kelas, yang menjadi sasaran utama dari kegiatan ini.

Di wilayah DIY sendiri terdapat dua kelompok penyelenggaraan yakni Kemenkeu Mengajar Kota Yogyakarta serta Kemenkeu Mengajar Sleman-Bantul, dimana sekolah yang terpilih menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan antara lain :
1. SD Negeri Condong Catur, Sleman
2. SD Negeri 1 Cebongan
3. SD Negeri Sukowaten, Bantul
4. SD Negeri Jetis, Bantul
5. SD Negeri Demangan, Yogyakarta
6. SD Negeri Tahunan Yogyakarta
7. SD Negeri Timuran, Yogyakarta
8. SD Negeri Sindurejan, Yogyakarta

Sebanyak 184 orang sukarelawan yang berasal dari seluruh unit eselon 1 di bawah naungan Kementerian Keuangan terlibat dalam kegiatan Kemenkeu Mengajar di wilayah DIY.

Keikusertaan Kepala Kanwil DJP DIY yang juga merupakan Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Wilayah DIY, Dionisius Lucas Hendrawan, membuat kegiatan ini makin semarak, di samping hadirnya beberapa pejabat eselon III di bawah unit-unit eselon 1 Kementerian Keuangan sebagai pengajar di seluruh sekolah tempat penyelenggaraan acara.

Seluruh pihak yang terlibat sangat bersemangat dalam menjalankan perannya masing-masing dalam kegiatan ini, mengingat aktivitas mengajar merupakan hal yang berbeda dengan rutinitas harian masing-masing.

Semangat dan kehebohan pelajar SD sebagai objek dari kegiatan ini menambah keseruan kegiatan ini dari awal hingga selesai.Semoga kegiatan Kemenkeu Mengajar menginspirasi seluruh negeri.