Memakmurkan Masjid dengan Islamic Fair

Berbagai hiasan dari bambu menghiasi area Nurul Huda Islamic fair di Kampung Purbayan, Sabtu (9/11/2019). - Dyah Febriyani
10 November 2019 21:57 WIB Dyah Febriyani Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad, sebanyak 115 remaja masjid di Kelurahan Purbayan terlibat dalam gelaran tahunan yang bertajuk Nurul Huda Islamic Fair selama sepekan di Masjid Nurul Huda, Purbayan, mulai dari 9-16 November 2019.

Ketua Panitia Nurul Huda Islamic Fair, Muhammad Syawaludin mengatakan dirinya termotivasi dari masjid-masjid yang telah eksis seperti Masjid Jogokariyan dan Masjid Syuhada. Hal ini dilandasi dengan niat untuk terus memakmurkan masjid dengan cara mengadakan berbagai macam kegiatan positif bukan hanya untuk ibadah. "Acara yang digelar melibatkan seluruh elemen masyarakat didalamnya, dari anak-anak hingga orang tua," ujar pria yang biasa disapa Udin itu.

Berbagai acara yang ditujukan untuk orang tua dan remaja itu terdiri dari seminar seperti Islamic Parenting; seminar ekonomi jamaah; lokakarya kreasi balon; seminar life plan; dan seminar kepemimpinan. Kegiatan semacam ini, kata Udin akan memberikan ilmu pengetahun kepada masyarakat untuk bekal membangun peradaban.

Maka dari itu, panitia mengangkat tema menggerakan jamaah membangun peradapan dengan harapan kedepannya masyarakat siap menghadapi peradaban dimasa yang akan datang dari berbagai perspektif. Apalagi, panitia juga turut mengundang pembicara nasional seperti Hanum Salsabila Rais yang merupakan anak dari politikus Amin Rais sebagai inspirator.

Lurah Purbayan, Ari Suryani menambahkan kegiatan ini diharap turut dikenal oleh masyarakat se-DIY, melalui publikasi digital. Ia juga mengapresiasi Remaja Nurul Huda (Renuha) atas kekreativitasannya dalam memakmurkan masjid.

Dia berharap Nurul Huda Islamic Fair dapat membangun karakter generasi muda kearah yang lebih baik dengan keikutsertaannya mengelola masjid. Kedepannya, tambah dia metode digitalisasi harus dimanfaatkan dengan baik untuk mengembangkan potensi yang ada.