UMY Gelar Seleksi Pamong Desa Sidoluhur

Lembaga Penelitian, Publikasi, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bersama Pemerintah Desa Sidoluhur , Kecamatan Godean Kabupten Sleman menyeleksi 19 orang calon pamong desa untuk formasi Kepala Dukuh dan Kepala Seksi Pelayanan Desa Sidoluhur, Minggu (17/11/2019). - Ist
17 November 2019 12:27 WIB media digital Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Lembaga Penelitian, Publikasi, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bersama Pemerintah Desa Sidoluhur , Kecamatan Godean Kabupten Sleman menyeleksi 19 orang calon pamong desa untuk formasi Kepala Dukuh dan Kepala Seksi Pelayanan Desa Sidoluhur, Minggu (17/11/2019).

Kepala Divisi Pengabdian dan Pelayanan LP3M Adhianty Nurjanah mengatakan seleksi pamong desa ini merupakan salah satu bentuk pengabdian dan pelayanan masyarakat yang dilakukan UMY khususnya dalam membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pengembangan kewilayahan serta memperluas jaringan kerjasama khususnya antara Pemerintah Desa Sidoluhur dan LP3M UMY.

Dalam kesempatan kali ini juga hadir Kepala Desa Sidoluhur Hernawan Sudanto yang menyampaikan bahwa alasan pemilihan UMY sebagai pihak ketiga dalam seleksi pamong ini karena reputasi positif UMY sebagai universitas yang berkualitas dan profesional setiap mengadakan seleksi pamong desa serta UMY dapat menyesuaikan dengan kebutuhan serta anggaran yang dimiliki desa.

“Kami berharap kerjasama ini bisa berlanjut tidak hanya kerjasama seleksi pamong melainkan kegiatan kemasyarakatan lainnya misanya KKN yang dapt disinergikan dengan program kerja kami” katanya dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Minggu.

Hal senada juga disampaikan ketua panitia seleksi pamong desa, Adi Arya Pradana. Ia menilai UMY memiliki reputasi yang baik, berakreditasi A serta memahami
tata pemerintahan di desa. "Juga memiliki program pengabdian masyarakat yang terarah serta bisa diaplikasikan di desa pungkasnya," tuturnya. 

Adapun tahapan seleksi pamong desa kali ini terdiri dari tes tertulis, tes praktek pengoperasian komputer dan berpidato bahasa jawa serta wawancara.