Advertisement

Surat Suara Pilkades Siap Didistribusikan

David Kurniawan
Selasa, 19 November 2019 - 21:47 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Surat Suara Pilkades Siap Didistribusikan Ilustrasi. - JIBI/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul mengklaim logistik pilkades serentak sudah siap digunakan saat pemungutan suara, Sabtu (23/11/2019). Saat ini panitia pilkades sudah mengirimkan undangan kepada para pemilih.

Kepala DP3AKBPMD Gunungkidul, Muhammad Farkhan, mengatakan urusan logistik pilkades tidak ada masalah. Semua kebutuhan yang diperlukan sudah dipersiapkan sejak sepekan sebelum pemungutan suara digelar.

Advertisement

Sebagai contoh, untuk kotak suara dan formulir dalam rekapitulasi sudah dikirimkan ke masing-masing desa pada Jumat (15/11/2019) dan Sabtu (16/11/2019). Sedangkan untuk surat suara, proses pengadaan dilaksanakan oleh masing-masing desa. Hasil pemantauan di lapangan di 56 desa tidak ada masalah berkaitan dengan pencetakan surat suara. Panitia juga sudah mengepak surat suara untuk dikirim ke setiap tempat pemungutan suara (TPS). “Sudah tidak ada masalah dan rencananya pengiriman logistik dilakukan satu hari sebelum pencoblosan,” kata Farkhan kepada wartawan, Selasa (19/11).

Menurut dia, selain mempersiapkan kebutuhan logistik untuk pemilihan, panitia juga sudah mendistribusikan undangan kepada warga. “Masih dalam proses dan harapannya semua warga yang memiliki hak pilih mendapatkan undangan untuk mencoblos,” katanya.

Farkhan berharap pelaksanaan pilkades serentak dapat berjalan dengan aman lancar dan damai hingga proses pelantikan kepala desa terpilih. “Mudah-mudahan semua lancar. Untuk pengamanan kami sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berwenang,” katanya.

Anggota Panitia Pilkades Wonosari, Kecamatan Wonosari, Saryanto, mengatakan, urusan logistik di desanya sudah beres. Semua kebutuhan dalam pemilihan sudah tersedia dan tinggal proses pengiriman ke tujuh TPS di Desa Wonosari. “Saat ini [Selasa] masih proses pengepakan untuk masing-masing TPS. Tapi, semua kebutuhan mulai dari kertas suara, alat pencoblos, kotak suara dan formulir sudah tersedia,” katanya.

Rencananya setelah pengepakan selesai, logistik pilkades langsung dikirimkan ke masing-masing TPS pada Jumat (22/11/2019). “Semua sudah kami persiapkan dan mudah-mudahan pemilihan berjalan dengan lancar,” kata mantan Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul ini.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Agus Setiawan, menegaskan komitmennya untuk menjaga kondusivitas selama penyelenggaraan pilkades. Untuk menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat juga siap menindak tegas karena di dalam pemilihan rawan praktik perjudian maupun politik uang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement