GKBCR Ajak Kaum Milenial Berlari & Nikmati Senja di Pantai Watukodok

Ilustrasi olahraga lari - Reuters
05 Desember 2019 20:47 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul menggelar event lari bertajuk Gunungkidul Beach Camp and Run (GKBCR) 2019 di Pantai Watu Kodok, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, pada Sabtu (14/12/2019). Segala persiapan segera dirampungkan mulai dari lokasi event, rute hingga sarana pendukung lainnya.

"Saat ini rute, sarana pendukung promosi sudah siap, Insyaallah lokasi lari juga sudah siap," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinpar Gunungkidul, Yuni Hartini, saat dihubungi Harian Jogja, Kamis (5/12/2019).

Yuni mengungkapkan event lari kali ini memiliki beberapa racepack yakni lima kilometer (5 Km) dan 10 kilometer (10 Km) dengan kategori Run Only dan Run & Camp. Dinpar menyediakan hadiah berupa uang tunai, talkshow with runner, door prize hingga makan malam bersama Bupati Gunungkidul.

Panitia, menurut Yuni, menargetkan GKBCR 2019 diikuti sebanyak 500 peserta. "Saat ini kami terus berupaya memenuhi target itu," ujarnya.

Selain fasilitas, para peserta akan disuguhi pemandangan alam di Pantai Watu Kodok ketika Matahari terbenam. Bagi peserta kategori Run & Camp, akan disuguhi kamping dan makan malam di tepi pantai bersama Bupati Gunungkidul, Badingah.

Yuni menjelaskan selain sebagai sarana untuk lebih memperkenalkan objek wisata, event GKBCR 2019 ini sebagai cara untuk mengajak kaum milenial untuk berpetualangan sekaligus menghidupkan wisata malam yang menarik dan menyenangkan dengan kamping. "Saat ini peningkatan wisatawan dari kalangan usia muda menjadi tren yang positif, sehingga kami perlu menarik mereka dengan kegiatan yang sesuai dengan jiwa mereka," kata dia.

Untuk mengikuti event, peserta perlu merogoh kocek dengan nominal berbeda. Kategori Run Only race 5 km sebesar Rp60.000 dan race 10 km sebesar Rp70.000. Kategori Run & Camp, race 5 km sebesar Rp160.000 dan race 10 km sebesar Rp170.000 dengan hadiah jutaan rupiah.

Setelah mendaftar dan melakukan pembayaran, peserta mendapatkan fasilitas berupa headband, medali, nomor peserta, air mineral hingga buah. Untuk kategori Run & Camp akan mendapatkan fasilitas tambahan berupa tenda dome, sleeping bag, matras dan fasilitas makan malam.