Peringati Hari Juang TNI AD, ACT dan Korem 072/Pamungkas Berkolaborasi

aption : Kepala Cabang ACT DIY Bagus Suryanto bersama Kolonel Infantri Hari Santoso, Selaku Kasiter Korem 072 - Pamungkas ./Ist
09 Desember 2019 19:47 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Komando Resor Militer 072/Pamungkas yang bermarkas di Kota Yogyakarta pada 15 Desember 2019 mendatang akan menggelar kegiatan peringatan Hari Juang TNI AD. 

Pada pelaksanaannya pihak Korem menggandeng beberapa pihak terkait termasuk di antaranya Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY. 

Kolonel Inf Hari Santoso, selaku Kasiter Korem 072/Pamungkas menyampaikan kegiatan peringatan hari Juang TNI AD merupakan wujud mengenang kembali momentum sejarah bangsa yaitu pertempuran 4 hari yang berakhir pada 15 Desember 1945 yang dikenal dengan Palagan Ambarawa dan penghormatan terhadap peran Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dalam melawan Agresi Militer pasukan Belanda. 

Selain itu peringatan Hari Juang TNI AD juga sebagai perwujudan dan upaya untuk lebih meningkatkan kemanunggalan TNI AD dengan rakyat yang telah merebut, mempertahankan serta mengisi kemerdekaan Indonesia. 

Rencananya kegiatan Hari Juang TNI AD yang dikemas dalam bentuk kegiatan olahraga bersama, syukuran dan bakti sosial akan digelar di Lapangan Kecamatan Pathuk, Kabupaten Gunungkidul. 

Kegiatan tersebut akan mengundang gubernur dan unsur Fokorpimda DIY serta bupati dan Fokorpimda Gunungkidul, Para pihak terkait dan masyarakat. 

Kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya adalah pengobatan masal, khitanan, pembagian 2.000-3.000 paket sembako untuk masyarakat prasejahtera, layanan kesehatan, bedah rumah warga yang tidak layak huni, penghijauan serta bakti sosial lainnya dan akan dimeriahkan oleh tampilan drum band dari taruna Akademi Militer.

"Selain mengundang Kodim seluruh wilayah Korem, acara juga akan dihadiri ribuan masyarakat Gunungkidul serta jajaran Kodam Diponegoro termasuk Pangdam juga turut hadir," ujar Hari, Senin (9/12/2019). 

Di momentum peringatan setahun sekali tersebut lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) juga turut bersinergi dalam berbagi kebermanfaatan untuk masyarakat dengan menerjunkan relawan-relawannya serta armada-armada terbaiknya. 

"Insyaallah akan kita terjunkan 1 Unit Humanity Food Truck untuk memasak kurang lebih 1.000 porsi untuk bersantap bersama TNI dan masyarakat, juga 1 unit Humanity Rice Truck untuk membagikan beberapa ton beras secara gratis untuk masyarakat pra sejahtera di Gunungkidul, serta armada Humanity Water Tank dan Ambulance pre-hospital," ujar Bagus Suryanto, Kepala Cabang ACT DIY, saat berkunjung di Korem 072/Pamungkas. 

Pasca kegiatan bakti sosial di hari Juang TNI AD, kegiatan bersama akan dilanjutkan dengan pembangunan instalasi air bersih untuk masyarakat Gunungkidul.