Olifant Stimulus Bakat Anak dengan Kelas Enrichment

Siswa Olifant Kindergarten tengah berlatih bermain angklung belum lama ini./ Ist. - Olifant Kindergarten
12 Desember 2019 07:07 WIB Herlambang Jati Kusumo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Olifant Kindergarten atau TK Olifant sangat menyadari kebutuhan siswa siswinya. Salah satu program yang dikembangkan untuk stimulasi awal bakat dan keterampilan tersebut melalui kelas enrichment.

Olifant menguatkan bakat yang sudah dimiliki anak dan dapat mengenal berbagai macam kegiatan yang mengembangkan ketrampilan anak agar dapat memperluas wawasan. Marketing Communications Olifant School, Mariana Hastuti mengatakan kelas enrichment diadakan satu pekan sekali selama satu semester program pembelajaran. Di awal semester siswa diberi kesempatan untuk memilih enrichment yang mereka sukai. “Pada saat akhir semester, mereka mempersembahkan penampilan yang merupakan hasil dari kelas yang diikuti selama satu semester di depan orang tua,” katanya, Rabu (11/12).

Semester ini ada beberapa kelas yang dibuka, di antaranya ball sport, dengan tujuan berlatih dasar- teknik manipulasi bola, berlatih ketangkasan dan keseimbangan dalam berolahraga, dan memupuk kegemaran anak terhadap aktivitas olahraga, mengingat zaman sekarang serba gadget, minim aktivitas fisik di luar.

Kemudian fun dance, tujuan pengenalan tarian tradisional Indonesia (Jawa) di semester satu, pengenalan tarian negara lain di semester dua, pengenalan budaya kepada anak baik Indonesia dan Internasional, lalu melatih ingatan gerakan tarian dan keluwesan gerakan, dan melatih kepercayaan diri anak-anak.

Lalu angklung, tujuannya pengenalan alat musik tradisional Indonesia tersebut serta berlatih cara memainkannya. Kemudian berlatih konsentrasi dan ingatan dalam memainkan lagu, dan melatih kepercayaan diri anak.

Dia mengatakan tersedia juga wadah untuk berlatih vocal agar anak dapat bernyanyi dengan teknik yang benar, seperti bentuk mulut; sikap tubuh; berlatih tempo; mengingat lirik dan nada; mengingat gerakan menyanyi serta melatih kepercayaan diri anak.

Ada pula, artful science. Tujuannya  melatih konsep-konsep sains sederhana, berlatih konsep sebab-akibat melalui dan berlatih pencatatan hasil eksperimen atau menggambar proses dan hasil eksperimen.

Kelas-kelas ini dibuka dengan bermacam-macam program di setiap semesternya. Siswa juga diimbau untuk mencoba enrichment yang berbeda-beda, supaya wawasan dan pengenalan mereka semakin luas.

“Mengembangkan minat dan bakat anak sejak dini, akan membuat mereka semakin mengenali potensi, belajar fleksibel dan berani mencoba hal-hal baru,” ucapnya.