Advertisement

Pemkab Kulonprogo Perlu Pasang Hidran di Seluruh Kecamatan

Jalu Rahman Dewantara
Minggu, 15 Desember 2019 - 13:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pemkab Kulonprogo Perlu Pasang Hidran di Seluruh Kecamatan Petugas pemadam kebakaran Kota Yogyakarta mengalirkan air pada instalasi Hidran Kering yang terpasang di Kecamatan Kraton, Jogja. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, WATES - Guna mengantisipasi terjadinya kebakaran di kawasan permukiman, Pemerintah Kabupaten Kulonprogo disarankan oleh Wakil Ketua II DPRD Kulonprogo, Lajiyo Yok Milyono untuk memasang hidran di seluruh kecamatan.

"Pembangunan hidran di setiap kecamatan minimal ada satu unit, sehingga saat terjadi kebakaran dapat segera tertangani," kata Lajiyo, Sabtu (14/12/2019).

Advertisement

Politikus Partai Gerindra ini memaparkan hidran merupakan sebuah terminal air untuk bantuan darurat ketika terjadi kebakaran. Hidran berfungsi untuk mempermudah proses penanggulangan ketika bencana kebakaran melanda. Di samping untuk membantu pemadaman api, hidran juga bisa dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan air bersih saat kekeringan.

Sayangnya lanjut Lajiyo belum semua kecamatan memiliki hidran. Walhasil saat terjadi kebakaran, tim pemadam cukup keteteran mengingat mobil pemadam kebakaran hanya sanggup membawa air sebanyak satu tangki. Setidaknya jika sudah ada hidran, proses pemadam dapat dilakukan dengan cepat sehingga meminimalisir kerugian.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo, sejak Januari hingga September 2019, sudah terjadi 39 peristiwa kebakaran, terdiri dari 13
kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan 26 kebakaran yang melanda kawasan permukiman. Peristiwa ini terjadi merata di seluruh kecamatan.

Kepala Pelaksana BPBD Kulonprogo Ariadi mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti permintaan tersebut. Diharapkan pemkab dapat membangun hidran di setiap kecamatan karena ini bagian dari pelayanan perlindungan masyarakat dari bahaya kebakaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement