2.500 Siswa TK-SD Beradu Mahir Mainkan Angklung di Jogja Bay Waterpark

Ekspresi salah satu kelompok peserta Festival Angklung Kelas Pemula dan Utama yang digelar oleh Jogja Bay Waterpark bekerja sama dengan Kreasi Seni Anak Yogyakarta (KSAY), Sabtu (14/12/2019). - Istimewa/Jogja Bay Waterpark
16 Desember 2019 21:37 WIB Arief Junianto Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak 2.500 siswa dari TK dan SD serta 60 kelompok sekolah se-DIY mengikuti Festival Angklung Kelas Pemula dan Utama yang digelar oleh Jogja Bay Waterpark bekerja sama dengan Kreasi Seni Anak Yogyakarta (KSAY) pada 14-15 Desember 2019.

Marketing Communication Jogja Bay Waterpark Medha Zeli Elsita mengatakan festival angklung yang digelar dengan mengangkat tema 10 th Kreasi Seni Anak Yogyakarta Menggema untuk Indonesia kali ini merupakan rangkaian dari festival yang sama pada 17 November 2019 lalu. “Hanya kali ini adalah festival yang tingkatnya lebih tinggi. Jika sebelumnya tingkatnya klasemen kelas dasar, kali ini kelas pemula dan utama,” ucap dia melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Senin (16/12/2019).

Dia mengatakan event yang memperebutkan trofi Gubernur DIY dan trofi Jogja Bay Waterpark ini menjadi salah satu acara yang ditunggu oleh sekolah dasar dan taman kanak-kanak di DIY.

Medha menjelaskan angklung dinilai menjadi alat musik tradisional yang mudah dimainkan dengan improvisasi khas anak-anak sekolah. Itulah sebabnya, melalui event ini, dia berharap bisa turut melatih kekompakan dan rasa percaya diri pada anak. “Dengan didampingi oleh keluarga dan guru-guru, anak dapat menjadi semakin percaya diri sehingga dapat menampilkan karya yang lebih baik lagi ke depannya,” ujarnya.

Dalam festival tersebut, imbuh Medha, masing-masing kelompok peserta harus membawakan lagu wajib dan lagu pilihan. Terdapat perbedaan jenis lagu pilihan untuk kategori TK dan SD, “kriteria penilaian yang akan dilakukan oleh tiga juri berkompeten di antaranya tempo, barisan, dan aksesori. Setiap sekolah harus membawakan masing-masing satu lagu wajib dan satu lagu pilihan untuk dapat memenangkan kompetisi ini,” ujar Medha.

Sebanyak 35 kelompok peserta memberikan penampilan terbaiknya di hari pertama lomba pada Sabtu (14/12/2019). Di hari kedua, Minggu (15/12/2019) sebanyak 24 kelompok peserta tampil menutup Festival Angklung Kelas Pemula dan Utama berikut pengumuman pemenang festival angklung tersebut.