Maling Ayam Bangkok Puluhan Juta Rupiah Diringkus Polisi

Ilustrasi - JIBI/dok
18 Desember 2019 20:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kasus pencurian belasan ayam bangkok senilai puluhan juta rupiah di Kecamatan Kokap, Kulonprogo, pada Juni laludiungkap tim gabungan Polsek Kokap dan Polres Kulonprogo. Polisi menangkap dua pelaku pada Senin (16/12/2019).

Pelaku bernama Sulisdiono, 55, warga Dusun Nagung, Desa Kedundang, Kecamatan Temon dan Sugeng Santoso, 41, warga Dusun Tonobakal, Desa Hargomulyo, Kecamatan Kokap. Keduanya ditangkap tim gabungan di tempat berbeda. Sulisdiono diringkus di Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo dan Sugeng Santoso di rumahnya.

“Bersama Resmob Polres Kulonprogo, polisi pertama kali meringkus Sulisdiono sekitar pukul 11.00 WIB. Dri informasi pelaku, dirinya tidak beraksi sendiri tapi ada pelaku lain yaitu Sugeng, di hari yang sama ditangkap di rumah,” ujar Kepala Polsek Temon, Ajun Komisaris Polisi Rubianto, Rabu (18/12/2019).

Rubianto mengatakan kepolisian masih memeriksa kedua pelaku untuk mengetahui motif mereka melakukan aksi tersebut. Oleh para pelaku, ayam curian tersebut telah dijual. Terhadap keduanya, polisi akan mengenakan pasal 363 ayat (1) ke 3e, 4e dan 5e KUHP Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman pidana tujuh tahun.

Aksi pencurian tersebut dilakukan pelaku di rumah Edi Sutarto, warga Dusun Pripih, Hargomulyo, Kokap. Korban mengetahui ayam bangkoknya dicuri dari kadang di belakang rumahnya pada Jumat (7/6/2019) sekitar pukul 5.30 WIB. Sebanyak 17 ayam dan dua telur ludes. Akibat peristiwa ini korban menderita kerugian sekitar Rp10 juta.