Ada Replika MotoGP di UGM

Ilustrasi replika Moto GP. - Ist
19 Desember 2019 14:27 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) di Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) menggandeng PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menggelar kegiatan ‘Road Show to Mandalika’. Ajang Week of Art, Architecture + Urbanism (WA+U) tersebut digelar di UGM hingga Sabtu (21/12/2019) mendatang.

WA+U merupakan bagian dari rangkaian acara Dies Natalis UGM ke 70 tahun atau Lustrum ke 14 UGM. 'Road Show to Mandalika’ mensosialisasikan rencana penyelenggaraan balap motor dunia MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika (The Mandalika), Lombok, NTB pada 2021.

CEO MGPA Ricky Baheramsjah mengatakan kegiatan ‘Road Show to Mandalika’ digelar untuk memperkenalkan MGPA sebagai pengelola Sirkuit Mandalika dan organizer MotoGP Indonesia. Termasuk mensosialisasikan Indonesian GP yang akan digelar di Mandalika International Street Circuit.

"Kami berharap semua fans MotoGP di Jogja dan sekitarnya dapat menghadiri acara ini dan mendapat pengalaman berlomba di mini race serta mendapat pengetahuan seputar balap motor dari ahlinya," ungkap Ricky melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Kamis (19/12).

Ricky menambahkan, pada event WA+U ini, MGPA memboyong motor replika MotoGP yang dapat disaksikan dan dijadikan obyek berfoto bagi pengunjung event. “Jadi buat fans MotoGP Jogja dan sekitarnya ayo silahkan datang dan bergabung di acara kami,” tambah Ricky.

Pada road show di ajang WA+U ini, MGPA menggelar serangkaian kegiatan menarik, yang puncaknya akan berlangsung pada Sabtu (21/12/2019) berupa coaching clinic, Mini GP Race, dan pengumuman pemenang Sayembara Desain Fasilitas Pendukung KEK Mandalika.

Pada Coaching clinic tersebut, pihaknya menghadirkan Ketua Komisi Safety Sepeda Motor Indonesia Ikatan Motor Indonesia (IMI) sekaligus FIM Asia Safety Officer Dyan Dilato dan Moto 2 rider Dimas Ekky Pratama. "Baik Dyan maupun Dimas juga akan berbagi materi dan pengelaman terkait safety riding," katanya.

Sedangkan Mini GP Race akan mempertandingkan kelas 6-9 tahun, 10-12 tahun, dan Fun Race Dewasa, dilengkapi dengan Eksibisi Mini GP bagi para pebalap motor yang belum pernah naik podium dan menjadi juara 1-3. "Mini GP Race akan diselenggarakan di Lapangan Parkir Purna Budaya, UGM," katanya.

ITDC sendiri pada Sabtu, 21 Desember 2019 mendatang, akan mengumumkan pemenang Sayembara Desain Fasilitas Pendukung KEK Mandalika. Sayembara dengan hadiah mencapai Rp 250 juta ini terselenggara atas kerjasama ITDC dengan Forum WA+U yang digagas oleh Keluarga Alumni Teknik Arsitektur UGM (KATAGAMA).

“Sayembara desain fasilitas pendukung KEK The Mandalika ini merupakan upaya kami untuk menjaring ide-ide dari masyarakat kreatif di seluruh Indonesia bagi pengembangan KEK The Mandalika. Dan kami sangat gembira dengan antusiasme para arsitek untuk mengikuti Sayembara ini," kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer.