Heboh Lingkaran Hitam di Langit Kulonprogo, Inikah Penyebabnya?

Munculnya penampakan lubang di langit Kulonprogo. - Ist/ tangkapan layar instagram
22 Desember 2019 12:37 WIB Nina Atmasari Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Warganet di kawasan Kulonprogo dan DIY dihebohkan dengan penampakan lingkaran hitam yang cukup besar di langit kawasan Kecamatan Girimulyo Kulonprogo.

Fenomena itu terekam dalam video yang dikirim pengguna Instagram @alifahnur_i dan diunggah @panoramakulonprogo pada Sabtu (21/12/2019).

Di video tersebut diperlihatkan penampakan lingkaran hitam yang cukup besar yang "terbang" di atas area persawahan.

Orang yang merekam video tersebut juga di area persawahan, tetapi dari jarak yang agak jauh. Terdengar suara pria di balik kamera menyerukan, "Opo lur iki lur, lur iki opo lur?"

Dalam keterangan pada caption, lokasi terjadinya fenomena menghebohkan itu di persawahan Watumurah, Kecamatan Girimulyo. Unggahan video tersebut langsung mendapat beragam tanggapan.

Kebanyakan mereka menebak asal munculnya fenomena tersebut. Banyak pula tebakan kocak dari warganet yang mewarnai kolom komentar unggahan tersebut, mulai dari UFO, asap vaporizer (vape), pintu ke dunia lain, dan sebagainya.

Tak lama kemudian, video baru dengan penampakan serupa diunggah @panoramakulonprogo. Namun video susulan yang berasal dari @saiful_ariyanta ini memperlihatkan lingkaran hitam itu dari jarak dekat.

Masih dengan keterangan lokasi yang sama, di video itu terlihat, asap hasil suatu pembakaran di sawah membumbung tinggi ke langit hingga membentuk lingkaran hitam yang besar tadi.

Tak disebutkan pasti barang apa yang dibakar di sawah hingga menyebabkan asapnya berbentuk lingkaran hitam yang hampir sempurna.

Meski begitu, baik di unggahan video pertama dan kedua, sejumlah warganet menjelaskan, asap itu berasal dari drum aspal yang baru saja meledak.

"Drum aspal mbledos [meletus] kemarin... Di area jalan sebelah barat Dusun Pundak [Desa] Kembang, [Kecamatan] Nanggulan," ungkap akun @papinbuncizt1gm.

"Drum aspal diobong njebluk [dibakar meledak] lur..." tulis @kang_kaghol.