Polres Siapkan Tim Khusus Tangani Klithih

Ilustrasi kekerasan - JIBI
23 Desember 2019 23:12 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Untuk mengantisipasi terjadinya aksi kejahatan jalanan alias klithih selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Polres Gunungkidul menerjunkan tim khusus.

Kasatreskrim Polres Gunungkidul, AKP Anak Agung Putra Dwipayana, menyatakan dalam operasinya tim khusus dari Polres Gunungkidul dibantu oleh tim dari Polda DIY. Kedua tim bersinergi guna mengantisipasi terjadinya kejahatan jalanan. "Jika aksi klithih muncul di Gunungkidul, kami menyiapkan Tim Buser yang dibantu tim dari Polda DIY untuk mengantisipasinya," kata Agung, Senin (23/12/2019).

Tim yang dibentuk, menurut Anak Agung, bakal diterjunkan di sejumlah titik yang memiliki tingkat kunjungan wisatawan tinggi. Berdasar pemetaan, wilayah rawan selama ini berada di jalur menuju objek wisata. “Kami memantau jalur selatan [Jalur Jalan Lintas Selatan/JJLS] yang banyak dilalui wisatawan menuju pantai," ujarnya.

Kasus kekerasan jalanan terakhir terjadi di Jl. Sambipitu-Nglipar, Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari, Minggu (22/12) dinihari. Namun Agung memastikan kasus yang terjadi bukan aksi klithih. "berdasar uraian kejadian masuk kategori penganiayaan," ujarnya.