Tahun Baru, Ini Dia Harapan Sultan untuk DIY

Gubernur DIY Sri Sultan HB X. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
31 Desember 2019 07:07 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY yang juga Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat memiliki harapan besar terhadap berkurangnya kasus intoleransi di DIY pada 2020 mendatang.

Sultan berharap kejadian kriminalitas di wilayah DIY juga bisa turun seiring akan memasuki pergantian tahun di 2020 mendatang. Selain itu, ia menaruh harapan besar terhadap kasus intoleransi ke depan bisa berkurang. "Harapan saya [di 2020] kriminalitas turun, intimidasi karena intoleransi berkurang," ungkapnya di sela-sela kegiatan Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Kinerja di Kantor BPK DIY, Senin (30/12/2019).

Ia menambahkan harapan terkait berkurangnya intoleransi dan intimidasi tersebut disampaikan agar membuat DIY menjadi aman bagi seluruh warga tinggal. "Ya harapan saya tinggal di Jogja lebih nyaman, ya kan, lebih nyaman dalam arti itu [intimidasi dan intoleransi berkurang]," katanya.

Terkait perayaan malam pergantian tahun, Sultan memastikan tetap berada di Jogja dan tidak bepergian. "Nek tahun baru ora iso lungo [tidak bisa pergi], saya di Jogja saja," ucapnya.

Sultan kemungkinan akan mendampingi Jokowi yang mengunjungi Jogja jelang malam pergantian tahun. "Saya belum tahu jadwalnya [kegiatan pasti Presiden Jokowi di DIY], baru dirapatkan siang ini, jadi belum tahu acaranya karena baru rapat," ujarnya. (Sunartono)