Advertisement

Peringati Hari Ulang Tahun, RSUD Prambanan Gelar Donor Darah

Hafit Yudi Suprobo
Sabtu, 04 Januari 2020 - 15:17 WIB
Nina Atmasari
Peringati Hari Ulang Tahun, RSUD Prambanan Gelar Donor Darah Direktur RSUD Prambanan Isa Dharmawidjaja ikut menjadi pendonor dalam aksi donor darah di RSUD Prambanan memperingati HUT ke-10, Sabtu (4/1/2020). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-- Puluhan warga dan karyawan mengikuti kegiatan aksi donor darah di RSUD Prambanan, Sabtu (4/1/2019). Aksi tersebut dilakukan untuk mendukung ketersediaan stok darah PMI Sleman.

Direktur RSUD Prambanan Isa Dharmawidjaja yang ikut menjadi pendonor, mengatakan aksi kemanusiaan tersebut baru pertama kali digelar RSUD Prambanan.

Advertisement

Selain melibatkan masyarakat, karyawan rumah sakit plat merah itu juga ikut menjadi pendonor. "Selama ini kami dibantu oleh PMI jika ada pasien yang membutuhkan kantong darah. Saatnya kami juga ikut membantu PMI menyediakan stok darah," katanya di sela-sela kegiatan.

Dijelaskan Isa, RSUD Prambanan sejatinya memiliki bank darah. Hanya saja ketersediaan stok bank darah tidak sebanyak dari kebutuhan darah bagi pasien yang membutuhkan.

Selain itu, keberadaan bank darah di rumah sakit digunakan untuk kegiatan yang sifatnya emergency. Penyimpanan kantong darah pun tidak bisa dilakukan terlalu lama.

Kekurangan kantong darah, terutama golongan tertentu, kemudian dikoordinasikan dengan PMI. Itupun dalam batas tertentu karena ketersediaan kantong darah apalagi golongan tertentu sering kali kosong. "Jika ada pasien yang dioperasi dan membutuhkan darah, misalnya dalam sehari, kami membutuhkan setidaknya 18 kantong darah," ujarnya.

Dengan aksi donor darah tersebut, RSUD Prambanan juga berupaya menggugah kesadaran masyarakat dan karyawan agar ikut membantu PMI menyediakan kantong darah. "Apalagi PMI sempat kekurangan stok darah. Dengan aksi donor darah ini kami berharap masyarakat juga ikut tergugah menjadi pendonor tetap," ujarnya.

Ketua Panitia HUT ke 10 RSUD Prambanan Nuansa Hanum Pratiwi mengatakan aksi donor darah tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk memeriahkan ulang tahun rumah sakit tersebut. Targetnya, kata Sasa sapaan akrab Nuansa, 30 kantong darah bisa disumbangkan untuk PMI. "Ini aksi pertama yang kami lalukan dan insyaallah secara rutin akan kami gelar," katanya.

Sebelumnya, lanjut Sasa, rangkaian kegiatan HUT ke-10 rumah sakit tersebut digelar sejak 2 Januari lalu. Puncak kegiatan akan digelar pada Maret mendatang dengan mengadakan jalan sehat bersama. "Nanti tidak hanya jalan sehat, tetapi juga akan diiisi dengan beragam kegiatan lainnya," tutup Sasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 10 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Google Kembali Pecat Karyawan yang Protes Proyek Kerja Sama dengan Israel

News
| Jum'at, 19 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement