Lakukan Aksi Kemanusiaan, RSUD Prambanan Gelar Donor Darah

Direktur RSUD Prambanan Isa Dharmawidjaja menjadi pendonor dalam kegiatan donor darah di RSUD Prambanan, Sabtu (4/1/2020).-Harian Jogja - Hafit Yudi Suprobo
05 Januari 2020 01:37 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Puluhan warga dan karyawan RSUD Prambanan mengikuti kegiatan donor darah di rumah sakit setempat, Sabtu (4/1/2020). Aksi ini untuk mendukung ketersediaan stok darah di PMI Sleman.

Direktur RSUD Prambanan Isa Dharmawidjaja yang ikut menjadi pendonor, mengatakan aksi kemanusiaan tersebut baru pertama kali digelar RSUD Prambanan.

Selain melibatkan masyarakat, karyawan rumah sakit pelat merah itu juga ikut menjadi pendonor. "Selama ini kami dibantu oleh PMI jika ada pasien yang membutuhkan kantong darah. Saatnya kami juga ikut membantu PMI menyediakan stok darah," katanya di sela-sela kegiatan.

Dijelaskan Isa, RSUD Prambanan sejatinya memiliki bank darah. Hanya saja ketersediaan stok di bank darah tidak sebanyak kebutuhan darah pasien RSUD yang membutuhkan.

Selain itu, keberadaan bank darah di rumah sakit digunakan untuk kegiatan bersifat kedaruratan. Penyimpanan kantong darah pun kata dia tidak bisa dilakukan terlalu lama, alhasil selalu butuh pasokan baru.

Kekurangan stok darah terutama golongan tertentu biasanya dikoordinasikan dengan PMI. Namun ketersediaan darah apalagi golongan tertentu sering kali kosong. "Jika ada pasien yang dioperasi dan membutuhkan darah, misalnya dalam sehari, kami membutuhkan setidaknya 18 kantong darah," kata dia.

Dengan aksi donor darah tersebut, RSUD Prambanan juga berupaya menggugah kesadaran masyarakat dan karyawan agar ikut membantu PMI menyediakan kantong darah. "Apalagi PMI sempat kekurangan stok darah. Dengan aksi donor darah ini kami berharap masyarakat juga ikut tergugah menjadi pendonor tetap," kata dia.

Ketua Panitia HUT ke-10 RSUD Prambanan Nuansa Hanum Pratiwi mengatakan aksi donor darah tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan memeriahkan ulang tahun rumah sakit tersebut. Targetnya kata Sasa sapaan akrab Nuansa, sebanyak 30 kantong darah bisa disumbangkan untuk PMI. "Ini aksi pertama yang kami lalukan dan insyaallah secara rutin akan kami gelar," katanya.

Sebelumnya rangkaian kegiatan HUT ke-10 rumah sakit tersebut digelar sejak 2 Januari lalu. Puncak kegiatan akan digelar pada Maret mendatang dengan mengadakan jalan sehat bersama. "Nanti tidak hanya jalan sehat, tetapi juga akan diiisi dengan beragam kegiatan lainnya," kata Sasa.