Aksi Brutal Terduga Klithih di Jogja: Pengendara Lewat Dilempari Kayu

Ilustrasi. - JIBI/Solopos
08 Januari 2020 21:17 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Aksi kekerasan jalanan kembali terjadi di Kota Jogja. Seorang korban dengan akun facebook dengan username Jajanno mengunggah postingan di Grup Info Cegatan Jogja, yang mengatakan ia baru saja menjadi korban kekerasan jalanan di daerah Umbulharjo, Rabu (8/1/2020) dini hari.

Dalam postingannya, korban menceritakan sekitar pukul 01.50 WIB setelah beli bensin di Jalan Kusumanegara hendak pulang lewat Jalan Gambiran. Saat di depan XT Square, ia ditelepon temannya yang baru saja lewat Jalan Gambiran untuk hati-hati.

“Teman saya ojek online posisi berada di Glagahsari. Dia tahu kalau saya biasa beli bensin jam segitu. Dia tanya saya sampai mana, saya jawab di XT Square. Dia suruh saya hati-hati karena dari tadi banyak anak muda menggunakan motor KLX mondar-mandir,” ujarnya.

Benar saja, sampai di Jalan Gambiran, tepatnya di depan outlet JNE, korban melihat banyak anak muda di tengah jalan dan melempar sejumlah barang seperti batang kayu ke setiap pengendara yang lewat. Beruntung ia tidak mengalami luka, melainkan hanya mobilnya sedikit tergores.

Staf Humas Polsek Umbulharjo, Bripka Widodo Lestari, mengatakan pada malam kejadian pihaknya sebenarnya sudah mengadakan patroli di daerah itu, namun belum menemukan gerombolan anak muda itu. “Setiap pada anak nongkrong kami periksa, jika tidak ditemukan benda berbahaya kami suruh pulang,” katanya.

Namun jika dalam pemeriksaan itu ditemukan benda berbahaya, mereka akan dibawa ke kantor. Termasuk pengendara motor yang mencurigakan, tim patroli akan menghentikan dan memeriksanya, jika surat-surat tidak lengkap akan ditilang.

Ia mengungkapkan setiap malam Polsok Umbulharjo selalu berpatroli, khususnya di malam minggu atau hari libur dimana potensi kejahatan meningkat. “kalau hari libur personil yang terlibat bisa sampai 40. Mereka berjaga sampai subuh,” ujarnya.