Peringati HUT-ke39, Puluhan Anggota Satpam Reresik Pantai Ngrawe

Sejumlah anggota Satpam dan anggota Satbinmas Polres Gunungkidul saat membersihkan sampah di kawasan Pantai Ngrawe dan Pantai Kukup, Rabu (8/1/2020). - Harian Jogja/Muhammad Nadhir Attamimi
08 Januari 2020 15:12 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Memperingati HUT ke-39 Satuan Pengamanan (Satpam), puluhan anggota Satpam dibawah bimbingan Satbinmas Polres Gunungkidul beramai-ramai membersihkan sampah di kawasan Pantai Ngrawe dan Pantai Kukup, Rabu (8/1/2020). Mereka menyisir dan membersihkan sampah yang banyak berceceran di pantai.

Kasatbinmas Polres Gunungkidul, AKP Yulianto, menuturkan aksi ini merupakan salah satu bentuk andil Satpam dan Satbinmas Polres Gunungkidul untuk menjaga kawasan wisata agar lebih bersih dan menarik. Dengan kebersihan yang terjaga, pengunjung yang datang bisa menikmati kawasan pantai dengan tenang dan nyaman.

"Kami ingin menjaga kawasan pantai agar tetap bersih dan rapi, ketika masyarakat atau wisatawan datang dan objek wisata dalam kondisi bersih, maka mereka tertarik untuk berkunjung lagi ke sini," kata Yulianto di sela-sela kegiatan, Rabu.

Yulianto mengatakan kegiatan yang diikuti 60 personel Satpam dan Polri ini bisa menjadi contoh yang baik untuk masyarakat maupun wisatawan untuk bersama-sama menjaga kebersihan kawasan wisata dan lingkungannya dari sampah yang bisa mendatangkan sumber penyakit. "Kami ingin memberikan contoh kepada wisatawan agar bersama-sama menjaga kebersihan dan kerapihan pantai kita," ujarnya.

Salah serang wisatawan, Andina, 27, mengaku kaget dengan kedatangan puluhan anggota Satpam dan polisi di wilayah Pantai Ngrawe. Ternyata, mereka membersihkan sampah yang ada di kawasan tersebut. "Di sekitar pantai masih banyak sampah berceceran, saya juga ikut membersihkan. Menurut saya kegiatan ini sangat inspiratif, semoga bisa menjadi motivasi pihak lainnya untuk melakukan kegiatan serupa," kata dia.